Cara Membuat Cream Cheese Praktis, Hemat & Tanpa Pengawet

2738 views

Ingat cara membuat cream cheese yang kami tampilkan ini kalau dihitung dari biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahannya, ternyata lebih murah jika dibandingkan dengan membeli cream cheese dalam kemasan. Jadi kalau mau berusaha sedikit saja ternyata kita tidak perlu membelinya. Cukup dengan langkah yang kami tampilkan dibawah ini anda sudah bisa membuatnya. Hasil yang didapat ternyata sepadan dengan apa yang kita usahakan. Sehingga tidak perlu ragu jika ingin membuatnya secara langsung dirumah.

Kami dalam kesempatan ini memahami bahwa cream cheese memang kerap kali dibutuhkan, dan kalau mau membelinya secara terus menerus tentu saja akan menguras uang belanja dan pengeluaran akan makin membengkak. Sebagai seorang menteri ekonomi dalam rumah tangga, tentu kita paham betul ada bagian-bagian yang harus kita hemat.Dan sebetulnya kita bisa memangkas belanja yang tidak perlu. Sehingga akan ada uang yang lebih dan kita bisa manfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Bisa juga ditabung.

Dibawah ini kami sajikan cara membuat cream cheese yang mudah dan tentu bisa dimulai untuk segera mencoba. Kami yakin banyak yang tertarik dengan pembuatannya. Segera silahkan dilihat dibawah ini ya:

Bahan :

  1. Bunda secepatnya siapkan Susu UHT full cream sebanyak 1000 ml
  2. Bunda secepatnya siapkan Yoghurt tawar/plain sejumlah 1 sendok makan
  3. Bunda secepatnya siapkan Cuka sebanyak 1 sendok makan
  4. Bunda secepatnya siapkan Air perasan lemon sebanyak 3 sendok makan
  5. Bunda secepatnya siapkan Air mineral atau air minum sebanyak 1/2 liter digunakan untuk membilas (Jgn gunakan air mentah ya)
  6. Bunda secepatnya siapkan Whey sebanyak 4 sendok makan, digunakan agar mempermudah proses blender cream cheese nantinya
  7. Bunda siapkan Baskom dan Saringan

    Gambar Baskom dan Saringan yang digunakan

Instruksi Pembuatan :

  • Bunda ambil panci lalu tuang susu. Bunda rebus. selama proses perebusan Bunda aduk-aduk agar tidak menimbulkan kerak. Ketika terlihat sudah panas namun belum sampai mendidih masukkan cuka & air lemon sedikit-sedikit, sesekali aduk perlahan. Api kompor dikecilkan. Tunggu hingga terlihat menggumpal & terpisah dadih susunya dengan whey. Matikan kompor.
  • Setelah itu Bunda secara perlahan tuang ke saringan. Biarin hingga airnya (whey) tiris Serta suhunya hangat.
  • Bagi yang belum paham whey bisa lihat gambar dibawah. Pada dasarnya whey itu merupakan cairan setengah transparan yang terjadi setelah proses pengendapan keju. Sekalipun namanya ‘limbah’, namun nutrisi dalam whey masih cukup banyak. Bunda bisa menggunakannya untuk bahan sup dan bisa pula untuk dibuat jus.
  • Dadih susu tadi Bunda bungkus kemudian peras dengan lembut secara perlahan.Setelah itu lakukan pembilasan pada dadih memakai air secara perlahan dikit-dikit. Lalu aduk dan tekan menggunakan spatula. Lakukan langkah tersebut berulang hingga airnya tak bersisa. Setelah itu Bunda bungkus & peras lagi.
  • Hasl perasannya Bunda bisa lihat digambar dibawah ini.Nampak seperti tahu yang tidak beraturan bentuknya.
  • Pindahkan ke blender. Beri yoghurt serta empat sendok makan whey. Baru kemudian Bunda blender sampai halus.
  • Kemudian kalau sudah selesai di blender, Masukkan ke kain saringan lagi.
  • Bunda Ikat kainnya lalu gantung. Dibawahnya kasih wadah sebagai tempat menampung tetesan air. Bunda Biarin aja hingga lima sampai enam jam dalam suhu ruang.
  • Kalau sudah didiamkan 5 jam-an lebih, cheese cream sudah bisa digunakan. Bunda bisa memasukkan dalam wadah tertutup dan biar tahan lama masukin ke kulkas. Biasanya dalam kulkas bisa awet hingga 2 mingguan.

Catatan : Pembilasan yang dilakukan tujuannya agar rasa asam yang dihasilkan dari cuka dan lemon bisa ditiadakan atau dihilangkan.

Keberadaan cream cheese sering kali menemani kudapan lain yang kita buat. Dan tingkat kebutuhan akan bahan ini juga nampaknya cukup tinggi. Tentu kita akan tersenyum bahagia kalau bisa membuatnya dirumah. Dan tidak perlu lagi datang ke mini market kalau hanya sekedar ingin membelinya. Bahan yang digunakan juga terdiri dari 6 bahan saja, serta langkah dalam pembuatannya juga sangat simpel.

Buat Bunda yang tertarik dari proses pembuatan cream cheese diatas tidak ada salahnya untuk mencoba dan juga setelah berhasil mencobanya silahkan rekomendasikan cara membuatnya kepada teman atau keluarga lain yang membutuhkan. Sehingga kebermanfaatan ini akan terus berlanjut secara estafet. Bahagia melihat orang bahagia. Dan kalau kata orang dahulu, bermanfaatlah bagi banyak orang, jika tidak mampu,cobalaha bermanfaat bagi diri dan keluarga tercinta. Salam semangat, salam hangat, mari kita terus tebarkan kesejukan di negeri ini.