Cara Membuat Telur Asin Enak dengan Mudah

Cara Membuat Telur Asin Enak dengan Mudah

Cara Membuat Telur AsinCara membuat telur asin yang pasti bisa dipraktekkan dirumah dan tentu rasanya sangat enak. Bahan utama dengan telur bebek memang masih difavoritkan dan paling banyak digemari. Telur asin kaya akan nilai gizi dan memang sangat dianjurkan dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. So, sudah seharusnya kita bisa membuat sendiri telur asin yang lezat ini.

Agar benar-benar bisa berhasil, kami juga menyajikan tutorial membuat telur asin dalam bentuk video, jadi bagi yang bingung bisa melihat videonya. Namun kami yakin dengan tutorial tulisan ini anda sudah bisa membuat telur asin yang lezat. Di Indonesia sendiri keberadaan telur asin memang sudah menunjukkan tanda-tanda semarak yang positif.

Resep Telur Asin Spesial yang Enak dan Gurih

Bahan-bahan:

– Telur bebek sebanyak 10-30 (bisa disesuaikan), usahakan yang masih segar/ baru
– Garam sebanyak 500 gram (bisa garam dapur, garam kasar, garam gosok)
– 1,5 – 2 liter air putih matang
– Toples berbahan plastik yang bisa di tutup rapat (direkomendasikan menggunakan Tupperware)

Cara membuat telur asin dengan mudah dan praktis:

1. Pertama kalinya rendam telur di dalam air bersih, tunggu kurang lebih sekitar 2 menitan. Perhatikan saat Anda melakukan perendaman tersebut, apabila ada telur yang mengapung itu berarti jelek, buang atau jangan gunakan telur tersebut.

2. Selanjutnya bersihkan telur-telur tersebut dengan menggunakan bantuan spons. Tujuan pembersihan ini agar kotoran nantinya tidak menghambat proses pengasinan.

3. Kemudian keringkan telur yang telah dibersihkan tadi. Lalu amplas telur tersebut dengan menggunakan amplas paling halus, tetapi jangan terlalu lama. tujuannya agar pori-pori terbuka dan garam dapat meresap sampai kedalam lapisan telur.

4. Setelah itu, ambil sebuah toples yang sekiranya muat untuk semua telur bebek tersebut. tata dengan rapi semua telur kedalam toples. Diamkan terlebih dahulu.

5. Dalam wadah yang berbeda, larutkan garam dengan menggunakan air secukupnya saja. Apabila garam sudah terlarut secara sempurna, tuang larutan tersebut kedalam toples. Usahakan jangan sampai ada telur yang mengapung, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan plastik berisi air yang ditindihkan diatasnya.

6. Lanjutkan pengolahan dengan menunggu telur tersebut selama kurang lebih 12 hari, namun agar hasilnya semakin maksimal, Anda bisa juga menunggu telur tersebut direndam selama kurang lebih 3 Minggu.

Video Cara Membuat Telur Asin Yang Masir, Dijamin Enak Banget

Itulah cara membuat telur asin yang enak, mudah, dan praktis. Meskipun cara diatas cukup mudah, akan tetapi jika Anda tidak memperhatikan dengan baik, bisa jadi telur yang dihasilkan nantinya kurang Masir.

Oleh sebab itu ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, selamat mencoba dan semoga berhasil.



Cara Membuat Telur Asin Enak dengan Mudah | Ummi Sayang | 4.5