Membuat Menu Resep Masakan Sehari-hari

Membuat Menu Resep Masakan Sehari-hari

Membuat menu resep masakan sehari-hari mungkin sekilas tampak mudah. Namun demikian, ternyata ini adalah salah satu tugas ibu rumah tangga yang cukup sulit. Bukan saja menu harus bisa disukai semua anggota keluarga yang seleranya berbeda-beda, menu juga harus memiliki gizi yang seimbang. Belum lagi, mengolah makanan mentah menjadi matang. Banyak teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu dan banyak pula yang baru bisa didapatkan karena pengalaman.

Jika anak masih berusia muda, mereka masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karenanya, gizi yang baik amatlah penting bagi pertumbuhan tubuh dan otaknya. Namun demikian, anak biasanya hanya mau makan makanan yang lezat menurut seleranya dan tidak terlalu menggemari sayuran. Inilah salah satu hal yang membuat ibu harus bisa memutar otak ketika sedang menyusun menu makanan.masakan sehari hari

Inilah mengapa pentingnya bagi ibu untuk dapat mempelajari terlebih dahulu gizi apa saja yang dibutuhkan dan dari mana gizi tersebut bisa terpenuhi. Makan bukan hanya untuk merasa kenyang dan ini berarti bahwa keragaman makanan amatlah penting. Selain itu, ibu juga harus mempelajari berbagai cara memasak yang benar sehingga makanan mentah tersebut terolah menjadi lezat dan siap makan tanpa kehilangan gizi yang terkandung di dalamnya.

Cara mempelajari ilmu mengenai gizi saat ini sudah sangat dimudahkan dengan keberadaan internet. Banyak sekali situs yang membahas mengenai masalah gizi dan kesehatan. Makanan bisa menjadi sumber gizi namun bisa juga menjadi sumber penyakit. Banyaklah membaca artikel yang ada di internet. Selain itu, ibu bisa pula membeli majalah dan buku-buku mengenai gizi.

Selain itu, banyak pula resep masakan dan teknik memasak yang benar terdapat di internet. Jika kesulitan, ibu bisa sambil menonton video cara memasak yang benar karena terkadang membaca artikel saja belum cukup untuk bisa memahaminya. Jangan pula enggan bertanya kepada dokter keluarga ketika sedang berkonsultasi dan juga belajar dari orang tua. Orang tua memiliki pengalaman yang lebih banyak, sehingga banyak pula memiliki teknik masak yang belum dapat kita pahami.

Ketika menyusun menu, ibu harus selalu ingat empat sehat lima sempurna. Ini berarti bahwa semua anggota keluarga harus mengkonsumsi mineral hewani dan nabati, sayur-mayur, karbohidrat dan buah-buahan setiap harinya. Jadi, pastikan semua itu ada dalam menu sehari-hari. Susu merupakan pelengkap, oleh karenanya susu bisa disuguhkan di pagi hari sebagai teman sarapan.

Sarapan memang biasanya waktu persiapannya lebih sempit, namun demikian, sarapan tidak dapat diremehkan karena merupakan salah satu makan yang terpenting. Sarapan adalah pasokan tenaga dan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari dan setelah tidur selama 8 jam tanpa adanya pasokan makanan. Padahal selama tidur, tubuh melakukan perbaikan di bagian dalam dan membutuhkan energi yang tidak sedikit pula untuk proses tersebut. Oleh karenanya, jangan lupa masukkan pula menu sarapan sehat.



Membuat Menu Resep Masakan Sehari-hari | Ummi Sayang | 4.5