6 Resep Bolu Gulung Lembut dan Empuk, Kualitas Super

176348 views

Resep Bolu Gulung Lembut dan EmpukResep Bolu Gulung – Bolu atau cake sekarang ini ada banyak sekali variannya. Salah satu varian dari banyaknya bolu tersebut adalah bolu gulung kukus. Sama seperti namanya, kue satu ini bisa dibuat dengan mengkukus adonan bolu dalam sebuah cetakan.

Bolu gulung sangat terkenal sebagai kue atau cake yang memiliki rasa lembut dan empuk. Untuk membuat bolu gulung dengan tekstur lembut dan empuk, Anda haruslah selalu memperhatikan adonan yang digunakan. Karena dari adonan inilah yang nantinya bolu gulung tersebut akan menjadi empuk dan lembut.

Nah bagi Anda yang ingin membuat bolu gulung lembut dan empuk, pada kesempatan kali ini kami akan share cara membuat bolu gulung kukus tersebut. Langsung saja untuk mengetahuinya simak resep bolu gulung kukus lembut dan empuk berikut ini.

Resep Bolu Gulung Empuk dan Lembut

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu sebanyak 50 gram (protein sedang)
  • Telur ayam kampung cukup 2 butir
  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Santan sekiranya 50 mili liter
  • Cake emulsifier cukup dengan 1 sendok teh
  • Buttercream seperlunya
  • Pandan bentuk pasta sekitar 1 sendok teh

Cara membuat bolu gulung spesial empuk dan lembut:

1. Pertama kalinya sediakan wadah untuk mencampur adonan kue. Lalu masukan telur, gula, dan cake emulsifier kedalam wadah tersebut. Kemudian kocok atau campur hingga mengembang atau mengeluarkan semacam busa.

2. Selanjutnya tambahkan adonan tepung terigu secara sedikit demi sedikit kedalam wadah yang telah dikocok tadi. Pastikan sambil menambahkan tepung terigu tersebut, tetap diaduk agar merata secara sempurna.

3. Apabila sudah terbentuk semacam adonan yang tercampur secara merata, tambahkan santan dan diikuti dengan pasta pandan secara bersamaan. Lalu aduk-aduk kembali hingga tercampur secara merata.

4. Persiapkan sebuah loyang yang kiranya berdimensi 24x24x24 centi meter. Setelah itu ratakan adonan ke loyang tersebut. Usahakan adonan memiliki ketebalan yang sama (rata).

5. Setelah itu, kini kita masuk kedalam proses pengukusan. Kukuslah adonan dalam loyang tersebut hingga matang. Sekitar kira-kira 20 menitan.

6. Apabila bolu sekiranya sudah matang, ambil dan dinginkan bolu tersebut tetap diatas loyang.

7. Balikan loyang diatas kertas kue, setelah itu lumuri kue bolu tersebut dengan menggunakan buttercream secara merata dan gulung secara padat. Terakhir sajikan diatas piring.

¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶¶

BOLU GULUNG CAPUCINO

Bahan bolu gulung :

  1. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa telur sejumlah 5 btr
  2. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa gula pasir sejumlah 100 gr
  3. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa SP setidaknya 1/2 sdm
  4. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa air sebanyak 1 sdm
  5. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa tepung terigu sejumlah 60 gr (pakai yang protein sedang)
  6. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa susu bubuk setidaknya 20 gr
  7. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa maizena sejumlah 20 gr
  8. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa margarin sekiranya 100 gr (Bunda lelehkan ya margarinnya)
  9. Segera ambil dai persiapkan bahan berupa capucino bubuk sejumlah 1 bks (Capucinonya bunda larutkan memakai air hangat 1 sdm). Lalu dinginkan.

Bahan Olesan (Semua bahan dibawah ini bunda aduk rata ya):

  • Segera ambil dai persiapkan bahan berupa selai cokelat sejumlah 50 gr
  • Segera ambil dai persiapkan bahan berupa butter cream sebanyak 50 gr

Langkah-Langkahnya :

  • Dalam langkah awal ini bunda ambil beberapa bahan yang sebelumnya sudah disiapkan diantaranya yaitu : tepung terigu, susu bubuk, telur, gula pasir, emulsifier, air serta maizena. Semua bahan itu dicampurkan jadi satu. Setelahnya Bunda kocok dgn kecepatan tinggi hingga adonan tersebut kembang.
  • Bunda ambil bahan lainnya yaitu cairan capucino serta margarin, lalu ditambahkan ke adonan tadi sambil diaduk pelan saja. Cara memasukkannya jangan langsung semua ya tapi dikit-dikit aja.
  • Tuang di Bunda segera persiapkan loyang size 30x25x3 cm. Kemudian loyang tersebut bunda beri olesan margarin serta beri alas dari kertas roti. Setelah itu barulah kemudian adonannya dituangkan ke loyang itu.
  • Bunda panaskan oven dengan suhu 190 C. Lalu oven adonan yang telah berada diloyang dengan waktu 25 menitan. Memakai api bawah ya. Oven hingga matang ya.
  • Setelah matang, bunda angkat, lantas beri olesan dari bahan olesan berupa butter cream dan selai coklatnya.
  • Setelahnya bunda gulung & padatkan
  • Selesai.

Hasil yang didapat 16 buah

♣♣♣♣♣♣♣♣♣

BOLU GULUNG COKELAT

♣♣♣♣♣♣♣♣♣

BOLU GULUNG PELANGI

♣♣♣♣♣♣♣♣♣

BOLU GULUNG MERANTI

♣♣♣♣♣♣♣♣♣

BOLU GULUNG / SWISS ROLL ISTIMEWA

Itulah informasi mengenai resep bolu gulung lezat, empuk, dan lembut yang dapat kami sampaikan. Agar rasa kue menjadi semakin menggoda lidah, Anda dapat menyajikan kue bolu gulung ini bersama dengan teh manis ataupun susu. Selamat mencoba cara membuat bolu gulung diatas dan semoga informasi tersebut menjadi sumber referensi bagi Anda. Salam