Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi Spesial

Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi Spesial

Resep Bakso SapiResep dan Cara Membuat Bakso Sapi Spesial – Bakso tergolong sebagai salah satu kuliner kuah yang banyak diminati oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia, baik dari anak-anak muda sampai orang tua. Kuliner yang satu ini hampir dijajakan diseluruh kawasan Nusantara. Hal tersebut terjadi karena bakso memiliki rasa yang cukup lezat, terutama pada bagian pentolnya, terlebih lagi jika pentol bakso tersebut terasa kenyal, empuk, dan bumbunya pas.

Untuk bisa mencicipi bakso sangatlah mudah sekali, karena hampir di setiap daerah di Indonesia menawarkan jajanan kuliner satu ini. Akan tetapi bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut ini ada informasi resep dan cara membuat bakso sapi spesial kenyal dan empuk yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Membuat Bakso Sapi Spesial yang Enak

Bahan-bahan pentol bakso:

– Daging sapi sebanyak 1/2 Kg, yang sudah digiling.
– Tepung kanji sekitar 100 gram
– Es batu cukup dengan 50 gram
– Bawang putih sebanyak 1/4 kg, dihaluskan.
– Telur ayam segar cukup 1 butir
– Lada putih bubuk sekiranya 1 sendok teh

Bahan kuah bakso sapi:

– Air sebanyak 3 liter (untuk kuah).
– Bawang putih sebanyak 1/4 kg haluskan.
– Balungan/tulang kaki sapi 1 buah (agar kaldu kuah lebih sedap)
– Garam sekitar 2 sendok makan
– Pala bubuk sekiranya 1 sendok teh
– Gula pasir sekitar 1 sendok makan
– Lada putih bubuk cukup dengan 1 sendok teh

Bahan Pelengkap:

– Bihun yang telah di rebus secukupnya
– Saus tomat dan kecap manis seperlunya
– Bawang goreng sesuai selera
– Daun seledri secukupnya
– Sambal disesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara membuat bakso sapi dengan mudah dan praktis:

1. Langkah pertama campurkan antara daging sapi giling, es batu, telur, dan bumbu-bumbu untuk pentol tadi. Kemudian haluskan semua bahan tersebut dengan menggunakan blender atau mixer. Semakin halus, maka tekstur pentol nantinya akan semakin lembut.

2. Sambil menghaluskan bahan-bahan pentol tadi, masukan tepung kanji sedikit demi sedikit kedalamnya sambil tetap terus dilakukan pengadukan. Apabila sudah tercampur secara merata, masukan adonan pentol tersebut kedalam sebuah baskom.

3. Selanjutnya ambil sedikit adonan pentol tersebut dan bentuk sesuai dengan selera masing-masing. Lakukan sampai semua adonan tersebut habis. Jika sudah, rebus adonan pentol tadi dengan menggunakan air secukupnya. Tunggu sampai semua adonan bakso terapung, itu tanda pentol sudah matang. angkat dan sisihkan.

4. Setelah membuat pentol, kita dapat membuat kuah bakso tersebut. Caranya masukan semua bahan dan bumbu pembuat kuah tadi, lalu masak sampai mendidih secara sempurna. kuah siap disajikan bersama pentol.

5. Terakhir, untuk penyajiannya masukan semua bahan pelengkap bakso tadi, termasuk pentol. Kemudian siram dengan menggunakan kuah bakso. sajikan selagi masih hangat.

Demikian sajian informasi seputar resep dan cara membuat bakso sapi spesial yang dapat kami sampaikan. selamat mencoba di rumah dan semoga berhasil.



Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi Spesial | Ummi Sayang | 4.5