4 Resep Cara Membuat Cimol Asli Bandung Paling Dicari

4230 views

Tak lengkap rasanya kalau tidak membuat resep + cara membuat cimol super enak ini. Karena sebelumnya kami sudah terlebih dahulu menghadirkan resep cilok dan cireng yang legendaris itu. Aci di gomol atau lebih familiar dengan sebutan cimol ini memang istmewa banget. Jajanan lain dari kota Bandung yang tak kalah lezatnya untuk dijadikan camilan bersama keluarga. Jika ingin lebih jauh lagi dalam memahami jajanan kesukaan anak SD ini, mari lebih lanjut selami artikel resep masakan kami yang satu ini.

Harga terjangkau, terutama dikantong anak SD dan rasanya yang spesial tentu menjadi pemikat yang luar biasa. Tak heran jika kemudian kuliner lokal urang Sunda menghipnotis banyak orang. Perbedaan dari segi rasa dan tekstur dari 2 saudara kandungnya yaitu cireng dan cilok, membuat cimol tetap menjadi favorit. Tepung kanji atau yang juga dikenal dengan sebutan Aci, merupakan bahan utama dalam membuat cimol. Resep yang mudah dan tata urutan bahasa yang menyesuaikan dengan keinginan pembaca, akan terus kami sampaikan dalam keadaan yang semestinya.

Tentu, kami berharap resep yang satu ini bisa menambah perbendaharaan bunsay semuanya dalam mengkoleksi resep khususnya jajanan “Lokal” yang banyak digemari sibuah hati. Daripada membeli terus-terusan, mungkin akan lebih baik jika bisa membuatnya dirumah. Dan tentu saja keuntungannya lainnya kita bisa lebih menghemat. Benefit lain yaitu, kita bisa mengkreasikan cimol yang dibuat sesuai keinginan. Tidak itu melulu rasanya, variasi yang mungkin bisa bunsay lakukan sangat bermacam-macam. Bisa dengan menambah varian saus atau taburan bumbu tertentu lainnya.

CIMOL SAUS KACANG SUPER SPESIAL

Bahan Yang diperlukan :

Bahan Untuk Pembuatan Adonan Cimolnya :

  1. Bunda langsung saja siapkan tepung terigu (Gunakan yang protein sedang ya) sebanyak 25 gr
  2. Bunda langsung saja siapkan tepung sagu sejumlah 125 gr
  3. Bunda langsung saja siapkan singkong kukus sebanyak 50 gr , lalu Bunda haluskan
  4. Bunda langsung saja siapkan minyak goreng sejumlah 25 gr
  5. Bunda langsung saja siapkan garam sebanyak 1 sdt
  6. Bunda langsung saja siapkan kaldu ayam bubuk sekiranya 1/2 sdt
  7. Bunda langsung saja siapkan baking powder sejumlah 1 sdt
  8. Bunda langsung saja siapkan air hangat sejumlah 1-2 sdm
  9. Bunda langsung saja siapkan satu btr telur, dikocok lepas

Tambahan :

  • Bunda siapkan minyak secukupnya untuk proses penggorengan

Bahan Saus Kacang:

  1. Bunda langsung saja siapkan kacang tanah kulit setidaknya 175 gr, lalu goreng dahulu
  2. Bunda langsung saja siapkan cabai rawit merah sebanyak 1 bh saja, lalu goreng
  3. Bunda langsung saja siapkan cabai merah keriting setidaknya 3 bh, lalu bunda goreng
  4. Bunda langsung saja siapkan garam sejumlah 1 sdt
  5. Bunda langsung saja siapkan gula pasir sebanyak 100 gr
  6. Bunda langsung saja siapkan cuka sejumlah 1 sdt
  7. Bunda langsung saja siapkan air panas sejumlah 350 ml

Instruksi :

  • Untuk adonan cimolnya : Seluruh bahan untuk pembuatan adonan cimolnya dari no. 1 – 9 Bunda campurkan lalu diaduk-aduk. Setelah itu buatlah menggumpal.
  • Adonan tersebut lalu Bunda bentuk menjadi bulatan dengan ukuran sesuai keinginan masing-masing. Disini kami membentuknya seukuran kelereng. Setelah itu Bunda masukkan ke dlm minyak dingin.
    Setelah itu Bunda goreng adonan cimol yang sudah dibentuk bulat tadi sampai kering & matang. Proses penggorengan memakai api kecil.
  • Untuk Sausnya : Bunda ambil seluruh bahan ini : cabai merah keriting, garam, kacang tanah, cabai rawit merah serta gula pasir lalu Bunda haluskan semua bahan itu. Setelah cukup halus beri cuka serta air panas. Kemudian Bunda aduk hingga merata.
  • Selesai.

Hasil yang diperoleh sebanyak 60 buah

♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦

CIMOL ASLI BANDUNG ALA ABANG-ABANG JUALAN

Bahan Yang Dibutuhkan :

  1. Segera ambil tepung sagu tani sebanyak 9 sendok makan
  2. Segera ambil tepung terigu sejumlah 6 sendok makan
  3. Segera ambil tepung beras sebanyak 2 sendok makan
  4. Segera ambil air sebanyak 200 cc
  5. Segera ambil lada bubuk secukupnya
  6. Segera ambil garam 1/2 sendok teh
  7. Segera ambil satu sendok teh bawang putih bubuk/2 siung bawang putih halus

Bahan untuk Bumbu powder kocokan :

  • Segera ambil boncabe sebanyak 2 sendok makan (Gunakan yang level 15)
  • Segera ambil gula halus sejumlah 1/2 sendok makan
  • Segera ambil sejumput lada bubuk
  • Segera ambil bawang putih bubuk setidaknya 1/2 sendok teh

Instruksi Pembuatan :

  • Bunda panaskan air hingga mendidih. Lalu tambahkan lada, garam & totole. Matikan api. Beri tepung terigu, setelah itu Bunda aduk hingga rata dan terlihat tidak ada gumpalan-gumpalan lagi. Selanjutnya ambil tepung beras serta tepung sagu, lalu tambahkan secara pelan dikit-dikit. Ambil spatula untuk mengaduknya secara perlahan.
  • Tahap selanjutnya Bunda ambil tepung sagu, kemudian 2 tangan bunda kasih baluran tepung tsb. Secara perlahan adonan diatas Bunda Uleni sampai bisa dibentuk. Setelah itu barulah bentuk bulatan dengan ukuran yang kecil (jika dibandingkan cilok, masih lebih kecil yang ini. Lanjut, Bunda ambil wajan lalu masukkan minyak ke wajan. Bulatan yang sudah selesai dibentuk tadi dimasukkan ke wajan. Setelah itu kemudian Bunda hidupkan api kompornya. Goreng. Proses penggorengan memakai api sedang. Bunda lihat kedalam wajan, apabila cimolnya sudah tidak terlihat saling menempel, api kompornya Bunda kecilkan supaya cimol tidak meletus. Lalu angkat.
  • Untuk bumbunya : Bunda ambil bahan berupa Boncabe, gula, lada dan bawang putih lalu semua bahan tersebut Bunda campurkan kedalam sebuah wadah. Setelah itu ambil cimol yang masih panas tadi dan masukkan ke wadah yang sudah berisi bahan bumbu tersebut. Setelah cimol masuk semua kedalam wadah, tutup rapat wadahnya, kemudian Bunda guncang-guncang wadahnya agar percampuran Bumbu merata.

Note : Totole = Kaldu Non Msg

♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦

VIDEO RESEP CIMOL KEKINIAN

♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦♦

VIDEO RESEP CIMOL LEZAT MANTAP

SELANJUTNYA:
9 Resep Cilok Isi Kenyal Bumbu Asli Bandung Super Enak

9 Resep Cireng Isi & Tanpa Isi, Cireng Salju Asli Bandung

Demikian kenikmatan cimol bisa langsung teman-teman rasakan dirumah. Resep dan cara membuat cimol istimewa ini menjadi pelengkap resep cireng dan cilok terdahulu. Semoga apa yang kami sampaikan hari ini bisa berguna ya Bunda sayang.