Resep dan Cara Membuat Es Campur Enak

Resep Es CampurResep dan Cara Membuat Es Campur Enak – Siapa yang tidak kenal dengan es campur? Semua orang pastinya sudah mengenal minuman segar ini, bahkan bisa jadi diantaranya juga penggemar dari es campur. Minuman satu ini terbuat dari potongan buah-buahan yang dicampur dengan susu kental manis sekaligus es serut yang segar. Sehingga menghasilkan sebuah rasa nikmat dan segar di lidah.

Jika kita lihat, sebenarnya es campur hampir mirip dengan es buah. Akan tetapi sebenarnya kedua minuman ini memiliki perbedaan, terutama perbedaan pada bagian bahan yang digunakan. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kesegaran dari minuman lezat satu ini, langsung saja simak resep cara membuat es campur berikut.

Resep dan Cara Membuat Es Campur Mudah dan Enak

Bahan-bahan:

– Buah alpukat cukup 1 butir, buang bijinya dan keruk daging buahnya
– Buah nangka sesuai selera, potong-potong kecil
– Bubuk mutiara sesuai dengan selera masing-masing
– Kolang kaling matang seperlunya saja, lalu potong 2 bagian
– Kelapa muda cukup 1 buah, kemudian keruk daging kelapa muda.
– Buah strawberry seperlunya saja, potong bentuk dadu
– Buah apel sesuai dengan kebutuhan, potong dadu
– Anggur seperlunya saja, potong dadu

Bahan untuk saus es campur:

– Air putih matang sebanyak 250 cc
– Gula pasir sebanyak 250 gram
– Sirup merah / hijau (sesuai selera) secukupnya
– Daun pandan seperlunya saja, lalu ikat simpul

Bahan pelengkap es campur:

– Susu cair sesuai dengan selera
– Es batu serut sesuai dengan kebutuhan.

Cara membuat es campur dengan mudah dan praktis:

1. Langkah pertama kita dapat membuat saus es campur tersebut terlebih dahulu. untuk membuatnya cukup mudah, siapkan sebuah panci rebus dan isi dengan 250 ml air. kemudian didihkan air tersebut bersama dengan semua bahan saus, kecuali sirup.

2. Pastikan rebusan tersebut sampai mendidih dan mengeluarkan aroma harum atau wangi. Jika sudah diamkan sampai dingin dan masukan sirup sesuai selera masing-masing kedalam rebusan tersebut. sisihkan terlebih dahulu.

3. Setelah membuat sausnya, kini kita akan masuk ke langkah pembuatan es campur dengan bahan-bahan utama. Untuk memulainya siapkan beberapa mangkuk saji terlebih dahulu.

4. Selanjutnya susun buah-buahan yang telah kita persiapkan secara rapi pada bagian mangkuk tersebut. pastikan setiap mangkuk berisi buah-buahan yang berbeda. Jangan lupa pula masukan bubuk mutiara, kelapa parut, dan kolang-kaling.

5. Kini masukan es serut atau parut kedalam susunan buah-buahan tersebut. kemudian lanjutkan dengan menyiram menggunakan saus es campur. Siramkan saus sesuai dengan selera masing-masing. lalu siramkan juga susu kental manis diatasnya. Sajikan selagi masih dingin.

Demikian informasi singkat mengenai resep dan cara membuat es campur enak. selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga berhasil.



Resep dan Cara Membuat Es Campur Enak | Ummi Sayang | 4.5