2 Resep & Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Paling Nikmat

2 Resep & Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Paling Nikmat

Resep & Cara Membuat Es Pisang IjoBaru saja kami selesai dan langsung merilis resep & cara membuat es pisang ijo yang kesegarannya sulit untuk dikalahkan jenis es yang lain. Bentuknya yang sangat indah nampak selalu menggoda mata yang memandangnya. Disetiap momen dan terutama fokus pada saat cuaca gerah, tentu semangkuk es pisang ijo asli makassar ini dapat mengobati segala haus yang melanda. Tidak dalam keadaan yang sangat lama lagi, dan telah meluncur sukses resep yang kami sampaikan saat ini.

Supaya anda tidak lagi jajan ke cafe atau warung yang menjajakan menu es pisang ijo, lebih baiknya coba mengkreasikan resep kami ini dengan tuntas. Siapa tahu nanti hasilnya malah lebih nyaman di lidah dibandingkan dengan yang biasa anda beli. Dan sudah pasti kita tidak perlu lebih jauh lagi untuk terbang ke Makassar sana kalau hanya ingin menikmati penganan menyegarkan yang satu ini.

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Spesial

Bahan-bahan:

  • Tepung beras sebanyak 50 gram
  • Garam cukup dengan 1/2 sendok teh, haluskan
  • Air putih matang sekiranya 300 mili liter
  • Tepung beras sebanyak 175 gram, ayak
  • Pisang raja matang sebanyak 6 buah
  • Air daun suji 100 mili liter, atau pewarna makanan (secukupnya)
  • Es serut sesuai dengan kebutuhan.

Bahan untuk saus es pisang ijo:

  1. Garam sekitar 1/4 sendok teh
  2. Daun pandan cukup dengan 1 lembar, ikat simpul
  3. Tepung terigu sebanyak 50 gram
  4. Gula pasir sekitar 75 gram
  5. Santan sebanyak 650 mili liter

Pelengkap lainnya agar lebih spesial:

  • Serutan keju cheddar sesuai selera
  • Cokelat meses sesuai selera
  • Sirup strawberry sesuai selera
  • Susu kental manis secukupnya saja

Cara membuat es pisang ijo spesial khas Makassar:

1. Pertama-tama campurkan antara air dengan tepung beras. Aduk-aduk sampai menjadi adonan yang tercampur secara merata. Kemudian tambahkan air daun suji/pewarna makanan dan garam halus. campurkan semua bahan menjadi satu, lalu masak sampai mendidih dan terasa lembut.

2. Langkah selanjutnya ambil tepung beras lagi, lalu masukan kedalam adonan yang pertama tadi sambil dilakukan pengadukan agar semua bahan tercampur secara merata dan kalis.

3. Apabila adonan sudah kalis, maka silahkan ambil sedikit adonan kemudian bentuk bulatan lalu tipiskan. Kemudian ambil buah pisang raja tadi, dan balutkan adonan tipis tersebut keseluruh bagian tubuh pisang. Setelah semuanya sudah, kukus pisang tersebut sampai matang dan dinginkan.

4. Sekarang kita akan membuat saus es pisang ijo. Untuk membuat sausnya cukup dengan memasak semua bahan sampai mendidih dan terlarut secara sempurna. Kemudian dinginkan sesaat.

5. Terakhir kita akan menyajikan es tersebut. caranya ambil mangkuk saji kemudian masukan potongan pisang kukus tadi. Lalu siram potongan tersebut dengan sausnya. Selanjutnya masukan es parut dan tambahkan bahan pelengkap sesuai selera agar lebih nikmat.

VIDEO RESEP ES PISANG IJO KHAS MAKASSAR

Dalam penyajiannya memang lah menarik banget. Jadi sangat tepat jika anak kecil sangat menyukainya. Bunda dirumah sekarang tidak perlu repot membeli kalau sudah mahir nanti. Bahannya juga sangat mudah dicari, langkah yang kami terangkan juga sangat simpel. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda dalam membuatnya. Semoga Bunda paham akan resep & cara membuat es pisang ijo khas Makassar ini. Selamat mencoba dan semoga informasi tersebut bisa menjadi sumber referensi bermanfaat ya. Oh ya, sekiranya ada bagian yang kesulitan dan atau belum begitu mengerti, tidak ada salahnya untuk melayangkan pertanyaan pada tim kami. Disini kami senantiasa bahagia dengan banyaknya interaksi dari pembaca.



2 Resep & Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Paling Nikmat | Ummi Sayang | 4.5