Resep Cara Membuat Singkong Thailand Ala Mall Ambassador

21370 views

Barang kali dari namanya memang masih belum familiar, namun resep dan cara membuat singkong thailand ini atau yang juga sering disebut dengan singkong thai ini memang sudah ramai dijumpai di beberapa resto yang biasa menyajikan menu lokal dan internasional. Kalau anda yang sering menjelajahi masakan dan pas ketemu dengan resto khas Thailand, biasanya menu ini selalu ada. Mungkin karena bahannya terbuat dari singkong sehingga nyatanya belakangan ini banyak sekali orang yang mencari resep membuat singkong thai.

Bukan sebuah kebetulan pula kalau ternyata rasanya sangat lezat. Jika dibandingkan dengan singkong keju atau penganan dari singkong lainnya, memang masih belum se-populer mereka. Tapi kami meyakini akan segera menyusul rekan-rekannya itu di kemudian hari. Bahan singkong yang memang mudah kita jumpai, membuat rasa penasaran untuk mencobanya makin menjadi-jadi. Olahan dari singkong memang banyak variannya. Dan resep yang diadaptasi dari luar ini suatu saat nanti akan mengambil tempat tersendiri dihati pecinta masakan berbahan dari ubi kayu.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Bunda perlu siapkan singkong sebanyak 1/2 kg (potong singkongnya sekira 5 cm, Lalu Bunda belah persis dibagian tengahnya)
  2. Bunda perlu siapkan air sekiranya 700 mili liter
  3. Bunda perlu siapkan garam sejumlah 1/2 sdt
  4. Bunda perlu siapkan gula pasir setidaknya 2 sdm
  5. Bunda perlu siapkan susu bubuk full cream sejumlah 3 sdm

Catatan : Beri sekiranya 3 – 4 sdm keju cheddar yang sudah di parut kedalam adonan singkong. Tujuannya agar terasa lebih gurih serta creamy.

Bahan untuk sausnya :

  1. Bunda perlu siapkan santan kental sebanyak 100 ml (sebaiknya beli yang sudah jadi)
  2. Bunda perlu siapkan air sejumlah 1/2 liter
  3. Bunda perlu siapkan gula pasir sejumlah 130 gram
  4. Bunda perlu siapkan garam sebanyak 1/4 sdt
  5. Bunda perlu siapkan tepung maizena sebanyak 3 sdm lalu bunda larutkan memakai 2 sdm air
  6. Bunda perlu siapkan daun pandan setidaknya 2 lbr

Instruksi Pembuatan :

  • Ambil singkongnya, hilangkan kulitnya dan cuci sampai benar-benar bersih. Setelah itu siapkan panci dan masukkan singkong yang sudah dibersihkan. Beri garam & air. Setelah itu singkong direbus sampai empuk. Perebusan memakai api sedang. Lalu angkat.
  • Buang sisa air rebusan yang ada. Setelah itu singkongnya dimasukkan lagi ke panci. Lantas masukkan susu & gula.
  • Ambil sendok sayur lalu singkongnya Bunda lumat dengan sendok sayur sampai halus. Sehingga nanti adonan tersebut berubah pekat dan terlihat mengental. Setelah itu sisa-sisa serat dan bagian kayu dalam ubi Bunda buang. Sementara sisihkan dahulu.
  • Bunda ambil panci satu lagi. Bahan saus berupa santan, air, gula, garam daun pandan dimasukkan. Lalu Bunda lakukan perebusan sembari diaduk memakai whisk (adukan balon) sampai sausnya terlihat mendidih.
  • Setelah itu baru tambahkan larutan maizena sembari diaduk sampai sausnya benar-benar mengental. Proses ini memakai api kecil. Angkat kalau saosnya sudah mengental (lebih encer dikit jika dibanding bubur sumsum).
  • Bunda ambil piring. Lalu dalam tahapan ini Bunda bisa membentuk adonan ubi kayu memakai sendok nasi serta sendok makan. Bentuk seperti bulatan telur ayam. Langkah terakhir bunda atur dipiring atau mangkok lantas siramkan saos diatasnya.
  • Selesai. Bisa di hidangkan ketika sudah dingin. Lebih nikmat.

Notice : Resep diatas jika dibandingkan dengan resep singkong Thailand biasa memang sedikit lebih rumit, tapi soal rasa jauh banget lezatnya dibanding yang lain.

Dari yang kami ketahui, konon memang singkong Thailand ini memiliki cita rasa yang mempesona. Jadi wajar banyak yang tergila-gila. Dan disini kami akan berbagi bagaimana membuat singkong Thailand yang enaknya setara dengan yang dijual di Resto mewah. So, sebaiknya segera persiapkan diri untuk mencoba resep dahsyat yang sudah kami terbangkan diatas.