Resep dan Cara Membuat Siomay Nikmat

Resep SiomayResep dan Cara Membuat Siomay Nikmat – Pernahkah Anda mencicipi kelezatan dari siomay? makanan khas Bandung satu ini sudah sangat populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya siomay dijual oleh para pedagang kaki lima di tepian-tepian jalan sepanjang kota Bandung.

Siomay khas Bandung disajikan dari olahan ikan tenggiri yang dibungkus dengan kulit pangsit dan dikukus sebentar sampai matang, namun seiring dengan perkembangannya, ikan tenggiri juga bisa kita ganti dengan ikan lain, seperti ikan tuna, ikan makarel, dan bahkan udang. Untuk membuat makanan lezat satu ini cukup mudah sekali, berikut kami sajikan informasi resep siomay khas Bandung berserta cara membuatnya.

Resep dan Cara Membuat Siomay Nikmat

Bahan-bahan:

– Tepung sagu sebanyak 300 gram

– Ikan tenggiri sekitar 250 gram

– Udang cincang cukup 200 gram

РLabu siam / wortel sekitar 200 gram, parut halus

– Putih telur sekiranya 150 gram

– Bawang merah sebanyak 15 siung, haluskan

– Bawang putih sekitar 10 siung, haluskan

– Garam kira-kira sebanyak 1 sdm

Bahan bumbu kacang:

– Kacang tanah sebanyak 500 gram, sangrai dan giling halus

– Cabai merah besar sekitar 150 gram

– Bawang merah sekitar 50 gram

– Jeruk limau cukup 3 buah

– Garam sebanyak 2 sdm

– Gula sekiranya 2 sdm

Bahan-bahan pelengkap (secukupnya):

– Kembang tahu

– Kentang

– Pare (sesuai selera)

– Kol

– Telur rebus

– Tahu

Cara membuat siomay dengan mudah dan praktis:

1. Langkah pertama campurkan antara ikan, udang, dan garam sampai semua tercampur secara merata menjadi satu. Setelah tercampur, lanjutkan dengan memasukan labu siam, bawang merah, bawang putih, dan putih telur. Aduk lagi agar semua bahan dapat tercampur secara merata. Lalu masukan lagi tepung sagu kedalamnya, dan aduk sampai tercampur secara merata.

2. Selanjutnya masukan sebagian adonan tersebut kedalam sebuah wadah yang telah berisi bahan pelengkap, seperti tahu, kol, kentang, pare, telur, dan masih banyak lagi. sebagian adonan yang lain bentuk bulatan dan masukan kedalam kulit pangsit.

3. Kukus semua bahan tersebut dengan menggunakan dandang sampai empuk dan matang. siomay siap digunakan.

4. Setelah membuat siomay kini kita akan membuat sambal kacangnya. Goreng cabai merah dan bawang merah terlebih dahulu, lalu angkat dan haluskan. Selanjutnya masukan bahan lainnya seperti kacang tanah, gula, garam, kecuali jeruk limau. Didihkan bahan-bahan tersebut.

5. Jika sudah mendidih berikan perasan jeruk limau dan siramkan sambal kacang tadi diatas siomay yang telah kita buat. sajikan.

Itulah informasi singkat mengenai resep dan cara membuat siomay lezat khas kota Bandung. selamat mencoba di rumah.



Resep dan Cara Membuat Siomay Nikmat | Ummi Sayang | 4.5