Resep Cara Membuat Soto Babat Istimewa, Rasa Menggoda

Baru saja berujar ingin rasanya menikmati semangkuk soto hangat. Kini Dengan tepat kami hadirkan Resep dan cara membuat soto babat pemanggil jiwa. Lezatnya rasa dengan perpaduan bumbu khas Indonesia menjadikan soto yang satu ini merujuk kepada banyaknya peminat setia yang tidak mungkin lari ke lain hati. Begitupun dengan semangat yang tak kalah pantas dengan pembuatan penganan satu ini. Istimewa rasanya dibuat dengan cinta, begitulah deskripsi singkat tentang masakan rumah.

Kalau berbicara tentang bedanya masakan restoran atau warung dengan masakan rumah, tentu saja banyak segmentasi yang bisa kita petik hikmahnya. Dalam segi rasa mungkin berbeda, terkadang saling mengalahkan. Ada kalanya masakan yang kita beli terasa lebih nikmat dengan apa yang kita masak dirumah, terkadang sebaliknya. Kita sering menemui jajanan yang biasa saja dibandingkan dengan apa yang telah kita bikin dirumah. Dari segi ekonomi tentu saja masakan rumah lebih irit.

Namun yang tak kalah istimewanya dan sulit didapatkan dari tempat mana pun didunia ini, bahwa masakan rumah, meskipun terkadang enak dan terkadang biasa saja, selalu dibuat dengan cinta. Jadi akan ada sensasi kehangatan didalamnya. Ada magnet besar disana yang tidak mungkin kita dapatkan ketika kita membeli sebuah makanan. So, sangat beruntung sekali jika dirumah kita ada yang selalu memasak beragam hidangan dengan sepenuh keikhlasan.

Sama pun dengan resep soto babat yang satu ini. Selalu kami usahakan ada semangat dan keinginan kuat untuk memberikan yang terbaik pada pembaca website resep masakan ini. Sekalipun memang terkadang ada saja kekurangan disana-sini dan terlebih akan banyak sekali yang mampu kami terbangkan demi memenuhi kebutuhan teman-teman semuanya. Dibawah ini resepnya dan semoga bisa dijelajahi segera.

Bahan Yang Diperlukan :

  1. Mama Cantik Siapkan babat sebanyak 500 gram (Macan bisa nge-mix dengan jeroan serta usus sapi)
  2. Mama Cantik Siapkan jeruk nipis dengan jumlah secukupnya
  3. Mama Cantik Siapkan garam secukupnya
  4. Mama Cantik Siapkan jahe sepanjang 3 cm
  5. Mama Cantik Siapkan daun salam sekira 3 lbr

Bahan bumbu halus untuk kuah (Semua bahan dibawah ini Macan sangrai seluruhnya ya. Setelah itu haluskan) :

  1. Mama Cantik Siapkan kunyit sepanjang 2 cm
  2. Mama Cantik Siapkan jahe 2 cm
  3. Mama Cantik Siapkan ketumbar sebanyak 1 sendok makan
  4. Mama Cantik Siapkan kemiri sebanyak 3 buah
  5. Mama Cantik Siapkan merica sejumlah 1/2 sendok makan
  6. Mama Cantik Siapkan bawang putih setidaknya 5 siung
  7. Mama Cantik Siapkan bawang merah sekiranya 4 siung
  8. Mama Cantik Siapkan daun jeruk nipis setidaknya 2 lbr
  9. Mama Cantik Siapkan sereh yang sudah digeprek sebanyak 2 btg
  10. Mama Cantik Siapkan lengkuas geprek sepanjang 4 cm
  11. Mama Cantik Siapkan daun salam sekira 2 lbr
  12. Mama Cantik Siapkan santan sekiranya 1,5 liter air santan (diambil dari 1/2 buah kelapa)

Bahan tambahan lainnya :

  • Mama Cantik Siapkan kentang sebanyak 4 buah (Macan bersihkan lalu potong kotak dan baru kemudian digoreng)
  • Mama Cantik Siapkan bahan pelengkap berupa tomat, daun bawang yang sudah di iris tipis (optional)
  • Mama Cantik Siapkan bahan pelengkap lainnya berupa jeruk nipis, kerupuk emping, bawang goreng (optional ya, sesuaikan dengan selera masing-masing)

Instruksi Membuat:

  • Langkah awal, macan ambil babat & jeroannya lalu cuci hingga bersih, kasih air perasan jeruk. Setelah itu beri garam. Macan remas seketika lalu bilas dengan air. Setelah itu Macan rebus jeroan tersebut bersama daun salam serta jahe hingga empuk. Kalau menggunakan panci presto, lama perebusan hanya sekitar 16 menitan.
  • Lihat rebusannya, kalau sudah empuk, angkat & tiriskan. Kemudian macan potong-potong.
  • Panaskan minyak, goreng beberapa saat (tujuannya agar lebih gurih dan juga baunya menjadi hilang). Jangan terlalu lama menggorengnya. 6 menit cukup.
  • Macan persiapkan bumbu halus lalu tumis. Setelahnya macan tambahkan batang sereh, lengkuas, daun salam serta daun jeruk. Tambahkan sedikit air. Macan masak hingga minyaknya keluar.
  • Tahapan selanjutnya ambil santan lalu rebus. Setelah itu tambahkan bumbu halus yang sebelumnya sudah ditumis dahulu. Macan aduk-aduk hingga matang sampai terlihat mendidih.
  • Tambahkan gula serta garam. Tes rasa apa sudah sesuai keinginan.
  • Selesai.

Cara Penyajian: Kentang yang sudah di goreng, babat, kerupuk emping, irisan buah tomat, daun bawang, bawang yang sudah goreng, air jeruk nipis masukkan ke mangkuk lalu disiram menggunakan kuah panas tadi. Macan juga bisa menambahkan sambal dan juga nasi pulen panas. Dijamin akan berkeringat sehabis menyantapnya.

Waktu yang dibutuhkan 1 jam, Hasil Yang diperoleh 4-5 porsi

Seumpama telah dipenghujung tentang resep dan cara membuat soto babat penuh cinta. Walhasil yang dari tadi telah siap untuk mencobanya. Silahkan saja persiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Dan kami sekiranya disini yang telah menularkan resep ini, berharap dan berdoa semoga bisa berjaya dalam membuatnya nanti.

Selanjutnya : Resep Praktis Soto Betawi Asli Gurih Lezat Paling Dicari



Resep Cara Membuat Soto Babat Istimewa, Rasa Menggoda | Ummi Sayang | 4.5