Ternyata Telur Panjang Beneran Ada Bun! Ini Cara Membuatnya

52788 views

Dimana-mana telur itu bentuknya lonjong pendek, lantas bagaimana cara membuat telur panjang yang panjangnya bisa mencapai 30 cm ini? Yuk simak terus sampai ke bagian terakhir artikel ini cara gampang membuat telur ayam rebus menjadi panjang sesuai dengan keinginan si pembuatnya. Telur memang sudah menjadi makanan atau lauk praktis yang mudah sekali dijumpai. Di ceplok, bikin dadar atau direbus secara praktis memang sudah lumrah dilakukan.

Namun apa jadinya jika telur yang direbus kali ini adalah telur yang panjangnya mencapai 30 cm bahkan lebih. Tentu akan terasa asing dan terdengar aneh. Apa telur panjang ini hasil dari persilangan ayam super dengan rekayasa genetik misalnya? Atau telur panjang ini berasal dari ayam langka yang bertelur panjang? Eits, sebelum melebar kemana-kemana, ada baiknya simak dahulu sampai selesai artikel kami ini. Telur panjang ini berasal dari telur ayam biasa. Telur panjang ini adalah telur hasil olahan. Ide kreatif salah satu perusahaan di Denmark. Yang bisa jadi terinspirasi dari masakan tradisional Afrika. Di Afrika ada kebiasaan memasak dengan cara dibakar sejumlah telur didalam bambu dan hasilnya tentu saja menjadi telur panjang.

Tapi perbedaan signifikannya tentu saja cukup jauh. Kalau telur panjang yang dimasak secara tradisional didalam bambu tersebut tentu saja percampuran kuning dan putih telurnya menjadi liar alias tidak terkontrol dengan sempurna. Kadang ada bagian sisi kuning telurnya yang diluar, kadang ada yang didalam. Dan urutan polanya tidak beraturan. Sedangkan yang telah menggunakan peralatan modern, telur yang dihasilkan benar-benar sangat rapi. Bagian putihnya ada diluar dan kuning telurnya ada dibagian dalam, sama persis saat kita merebus telur seperti biasa. Telur panjang pabrikan ini telah di ekspor ke berbagai tempat.

Ini VIDEO cara membuat telur panjang dari pabrikannya langsung:

Resep yang digunakan seperti apa?

Ternyata resepnya sangat mudah sekali. Secara garis besarnya, putih telur direbus dahulu didalam wadah yang berbentuk bulat panjang, setelah 80% matang, dibagian tengahnya diberi lubang, lalu masukkan kuning telurnya ke lubang tadi, dan rebus kembali, selesai.

TUTORIAL MEMBUAT TELUR PANJANG ALA RUMAHAN (IBU-IBU RUMPI)

Lebih lengkapnya silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  1. Siapkan sejumlah telur (jumlahnya disesuaikan dengan tabung silinder yang akan digunakan, semakin panjang tentu jumlah telur yang digunakan akan makin banyak)
  2. Pisahkan kuning dan putih telurnya, bagi kedalam 2 wadah, lalu kocok-kocok sebentar seperti mau bikin telur dadar biasa
  3. Siapkan tabung silinder panjang (biasanya yang kerja di laboratorium sering menjumpai hal ini), Atau jika Bunda punya sesuatu dirumah yang bentuknya bulat panjang dan tahan panas, bisa coba digunakan.
  4. Lalu olesi dengan minyak agar nanti telurnya tidak lengket diwadah tabung
  5. Kemudian masak air dan masukkan tabung silinder tadi ditengahnya
  6. Lalu masukkan putih telur dan rebus hingga 80% mendekati matang. Angkat.
  7. Lalu beri lubang ditengahnya (Jika tidak memiliki alat seperti yang ada digambar, gunakan alat apa saja yang ada didapur bunda, yg penting bentuk lubangnya bulat)
  8. Tuang kuning telur
  9. Rebus kembali hingga matang. Angkat.
  10. Sajikan