3 Resep Cilok Isi Kenyal Bumbu Asli Bandung Super Enak

Belakangan ini banyak yang mencari resep dan cara membuat cilok. Aci dicolok atau yang biasa dikenal dengan sebutan cilok ini ternyata telah meng-Indonesia. Sekarang bukan saja dikenal oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya tapi dipenjuru Indonesia juga mulai menyebar jajanan asli orang Sunda ini. Sambal bumbu kacang yang menjadi pelengkap dalam penyajian cilok juga merupakan daya tarik tersendiri yang membuat penggemar kuliner daerah ini makin bertambah.

Cilok yang kenyal dengan varian isi khas tentu akan mudah di ingat oleh lidah yang menyantapnya. Bahan aci atau tepung kanji yang digunakan membuat tekstur cilok terasa empuk. Kenikmatannya membuat banyak penggemar kian membludak belakangan ini. Indonesia memang kaya akan kulinernya dan jajanan khas ini patut untuk terus dilestarikan. Variasi yang mungkin bisa dibuat untuk mengkreasikan cilok agar lebih berwarna, bisa dengan menambahkan kentang, sosis atau saudara jauhnya yaitu bakso. Namun untuk rasa original, anda cukup membuatnya sesuai dengan instruksi yang sebentar lagi akan kami hadirkan.

RESEP CILOK RASA ORIGINAL ASLI BANDUNG

Bahan Untuk Kulitnya :

  1. Mari persiapkan tepung sagu sejumlah 200 gr
  2. Mari persiapkan tepung terigu sebanyak 125 gr (Gunakan yang protein sedang)
  3. Mari persiapkan bawang putih sebanyak 2 siung kemudian Bunda haluskan
  4. Mari persiapkan kaldu ayam bubuk sebanyak 1/4 sdt
  5. Mari persiapkan garam setidaknya 1 sdt
  6. Mari persiapkan daun seledri setidaknya 2 btg , lalu Bunda iris halus
  7. Mari persiapkan air sekiranya 1/4 liter, lalu bunda dididihkan

Bahan Untuk Sausnya:

  • Mari persiapkan kacang tanah sebanyak 100 gr, Kacangnya bunda goreng dahulu
  • Mari persiapkan bawang putih sebanyak 2 siung, Bawangnya juga bunda goreng ya
  • Mari persiapkan cabai merah besar sejumlah 1 bh, goreng juga ya bunda
  • Mari persiapkan cabai merah keriting sebanyak 2 bh , goreng dahulu
  • Mari persiapkan air setidaknya 1/2 liter
  • Mari persiapkan garam sejumlah 1 1/4 sdt
  • Mari persiapkan gula pasir sebanyak 1 sdm
  • Mari persiapkan cuka sejumlah 1/2 sdt

Instruksi Pembuatan :

  • Untuk Kulitnya : Bunda ambil semua bahan kulitnya (kecuali air panas) lalu campurkan merata dengan cara diaduk. Setelah itu masukkan air panas dikit-dikit sembari terus Bunda uleni sampai terjadi percampuran yang merata.
  • Setelah itu tahapan selanjutnya Bunda ambil adonannnya dikit kemudian Bunda bentuk bulatan. Lakukan langkah ini secara berulang hingga adonan habis.
  • Panaskan air hingga mendidih, lalu adonan yang telah dibentuk tadi Bunda rebus sampai matang. Angkat.
  • Untuk Sausnya:Ambil 3 bahan ini berupa bawang putih, cabai serta kacang tanah lalu Bunda haluskan.
  • Kemudian Bunda tambahkan air, gula pasir serta garam. Bunda aduk merata, baru kemudian setelah itu dimasak sampai benar-benar kental. Bunda beri cuka. Lanjut diaduk lagi ya bunda sampai merata.
  • Selesai. Kuah cilok sebagai pelengkap sudah bisa dihidangkan dengan ciloknya.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

VIDEO RESEP CILOK ISI SPESIAL NIKMATNYA

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

VIDEO RESEP CILOK DENGAN TAKARAN TEPAT

Saus yang digunakan dalam menyajikan cilok pada umumnya menggunakan saus bumbu kacang. Dan ini sudah lumrah kita jumpai pada penjual cilok di pinggir jalan atau pun yang membuka kedai khusus untuk menjual kuliner unik ini. Saos kacang yang biasa digunakan bisa saja kemudian diganti dengan saos teriyaki misalnya atau saos barbeque. Tentu eksperimen ini bisa anda lakukan sesuka hati dirumah. Dan nanti lihat reaksi keluarga yang menyantapnya, jika positif dan mereka menyukainya, kenapa tidak untuk membuatnya lebih massive lagi dalam hal jumlah.

Resep dan cara membuat cilok istimewa dengan rasa super lezat dan tekstur kenyal telah kami persembahkan. Kuliner Urang Bandung ini sekarang bisa anda buat sendiri dirumah untuk keluarga tercinta. Atau jika tertarik ingin membuat bisnis / usaha cilok, bisa jadi ini adalah sumber inspirasi yang akan membuat anda terus berkembang dan mendapat sebuah progres yang menyenangkan.



3 Resep Cilok Isi Kenyal Bumbu Asli Bandung Super Enak | Ummi Sayang | 4.5