Resep Cumi Asam Manis Pedas Nikmat dan Mudah

Resep Cumi Asam Manis Pedas Nikmat dan Mudah

Resep Cumi Asam ManisResep Cumi Asam Manis Pedas Nikmat dan Mudah – Cumi merupakan daging olahan makanan seafood yang cukup digemari oleh para ibu-ibu. Karena daging cumi memiliki rasa yang cukup khas, akan tetapi kesalahan dalam pengolahan juga sering membuat cumi terasa masih bau amis, dan bahkan beberapa terasa pahit di lidah.

Ada banyak sekali sekarang ini bermunculan varian resep olahan daging cumi, salah satunya yang akan kami bagikan kali ini adalah resep cumi asam manis pedas yang nikmat dan mudah pembuatannya. Langsung simak informasi selengkapnya berikut ini.

Resep dan Cara Membuat Cumi Asam Manis Pedas

Bahan-bahan:

-Cumi-cumi sebanyak 500 gram.
– Air jeruk nipis cukup sekiranya 1 sdm.
– Serai sebanyak 2 batang, iris miring.
– Garam cukup sekitar 1 sdt.
– Gula pasir sebanyak ½ sdt.
– Minyak untuk menumis secukupnya saja.

Bahan Iris:

– Bawang putih sebanyak 2 siung.
– Bawang merah sebanyak 10 siung.
– Bawang bombay (uk. Sedang) 1 buah, iris memanjang.
– Tomat sebanyak 1 buah, potong dadu.
– Daun bawang cukup 1 batang, iris kecil-kecil.
– Cabai merah giling sekitar 1 sdm.
– ½ cm rempah jahe.
– Saos pedas sekitar 2 sdm (sesuai selera).
– Kecap sesuai selera masing-masing.

Cara mengolah cumi pedas asam manis dengan mudah:

1. Pertama-tama kupas kulit ari yang terdapat pada bagian permukaan daging cumi tersebut. kemudian cuci bersih tinta yang ada di dalamnya. setelah itu iris secara bulat-bulat dan cuci kembali sampai bersih.

2. Langkah selanjutnya, lumuri daging cumi tersebut dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Lalu diamkan sampai air perasan jeruk nipis tersebut meresap secara sempurna kedalam daging cumi, biasanya memerlukan waktu sekitar 15 menitan. Selesai, cuci bersih kembali.

3. Setelah itu panaskan minyak secukupnya untuk menumis. Kemudian masukan semua bahan yang telah diiris kedalam minyak panas tersebut, tumislah semua bahan sampai mengeluarkan aroma yang harum atau wangi.

4. Sekarang masukan daging cumi, saos, garam, gula, kecap, dan sedikit air agar tidak terlalu kental. Kemudian masak cumi tersebut sampai matang secara sempurna. Dalam pemasakan ini cukup 10 – 15 menit saja.

5. Tuang olahan cumi tersebut diatas sebuah piring saji dan santap selagi masih hangat bersama dengan nasi putih. agar lebih nikmat lagi, Anda dapat menambahkan bahan pelengkap seperti salah satunya bawang goreng diatasnya.

Itulah resep cumi asam manis pedas yang dapat kami sajikan lengkap untuk Anda. Silahkan coba langsung resep mudah dan praktis olahan daging cumi diatas sekarang juga. Semoga dapat bermanfaat dan selalu menjadi sumber referensi bagi Anda.



Resep Cumi Asam Manis Pedas Nikmat dan Mudah | Ummi Sayang | 4.5