7 Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa, Cokelat DLL

7 Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa, Cokelat DLL

Memang nikmat menyantap sepotong kue dadar gulung yang manis. Kini telah di rilis resep dan cara membuat dadar gulung paling nikmat dengan beberapa kreasi isi yang berbeda. Ditambah dengan cokelat dan lainnya akan menjadikan penganan yang satu ini terasa begitu istimewa. Sebagai sarapan pagi biasanya kita membeli dadar gulung yang dijual dipedagang keliling atau dipasar-pasar tradisional. Rasanya memang gurih dan sangat tepat jika disantap bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Kini, dengan resep yang kami sajikan ini, anda tak perlu repot lagi harus membeli dipasar atau dipedagang sekitar rumah. Cukup pergi kedapur dan mencoba membuatnya jadi sebuah makanan terlezat bagi keluarga tercinta dirumah. Salah satu yang digemari yaitu dadar gulung isi kelapa dan juga cokelat. Gurihnya kelapa dan manisnya cokelat akan terus memanjakan lidah yang menyantap penganan tradisional ini. Kulit dadar gulung yang cukup lunak dan juga isi dadar itu sendiri yang lembut lumer dimulut akan sulit ditolak oleh siapa saja.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara membuat kulit dadar gulung nya. Dengan memperhatikan bagian ini, tentu diharapkan hasil yang didapat nanti akan lebih maksimal dan bentuknya sesuai dengan yang di inginkan. Kami juga telah mempersiapkan resepnya agar bagian ini bisa dibuat dengan mudah dan tepat tanpa memakan banyak waktu. Tampilannya juga nanti diperkirakan akan seindah seperti yang ada digambar. Namun untuk ukuran diameter dadar nya, anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan. Jika ingin terlihat jumbo, takaran masing-masingnya dibuat lebih banyak, begitupun jika ingin membuat dadar gulung mini, anda tinggal menyesuaikan dengan mengurangi takaran bahannya masing-masing.

RESEP DADAR GULUNG IS VLA COKELAT

Bahan Yang Disiapkan :

Hasil yang diperoleh 10 porsi

Bahan Untuk dadar:

  1. Sista sediakan tepung terigu sebanyak 125 gram
  2. Sista sediakan garam sebanyak 1/4 sendok teh
  3. Sista sediakan baking powder sebanyak 1/4 sendok teh
  4. Sista sediakan telur sejumlah 1 butir
  5. Sista sediakan susu cair sekira 300-350 ml
  6. Sista sediakan mentega, lalu cairkan sejumlah 1 sendok teh
  7. Sista sediakan pasta coklat setidaknya 3 tetes

Bahan Untuk vla coklatnya:

  • Sista sediakan susu cair sejumlah 250 cc
  • Sista sediakan coklat bubuk sebanyak 3 sendok teh, lalu sista larutkan menggunakan sedikit air panas hingga licin
  • Sista sediakan gula pasir setidaknya 3 sendok makan (bisa ditambah atau dikurangi ya sist gulanya)
  • Sista sediakan vanilli sekira 1/4 sendok teh
  • Sista sediakan garam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Sista sediakan telur sejumlah 1 butir
  • Sista sediakan tepung maizena setidaknya 2 sendok teh, Kemudian larutkan dengan air
  • Sista sediakan susu kental manis coklat sebanyak 2 sendok makan
  • Sista sediakan butter sejumlah 1 sendok makan (disini aku menggunakan merk anchor) atau sista bisa menggunakan mentega

Waktu yang dibutuhkan 30 menit

Instruksi:

  • Untuk Dadarnya: Sista siapkan bahan kering lantas ambil wadah. Sista aduk2 hingga rata. Setelah itu masukkan telur. Sista aduk lagi pake whisk. Masukkan susu pelan-pelan, dikit-dikit sampai adonan tersebut terlihat licin. Kemudian sista tambahkan mentega cair. Diamkan dahulu lebih kurang tiga puluh menitan. Tutup adonan itu pake plastic wrap atau pake serbet juga bisa.
  • Lanjut buat vla coklatnya: Beberapa bahan ini yaitu garam, gula, vanili & coklat bubuk sista campurkan. Sebelum dicampurkan, coklat bubuknya sista seduh dulu ya dengan air panas. Kemudian hidupkan api kecil aja ya sist.
  • Siapkan wadah, sista kocok lepas telur, lalu sista beri satu sdk sayur adonan susu panas, kemudian baru sista kocok sampai merata. Lanjut, setelah itu sista tuangkan kembali ke adonan susu (teknik pancing).
  • Kalau sudah mendidih, sista bisa menambahkan larutan maizena pelan-pelan, dikit-dikit, sampai mengental. Sista aduk lagi sampai ada gelembungnya. Kemudian sista tambahkan SKM & butter. Sista aduk lagi rata. Matikan api. Sisihkan dulu hingga dingin ya sist.
  • Kita lanjut kebagian dadarnya lagi: After tiga puluh menit berjalan. Siapkan wadah, lantas kasih tetesan pasta coklat, sekitar 3 tetes aja. Kemudian masukkan 1 sdk sayur adonan. Campurkan sampai rata.
  • Siapkan semacam pipping bag (plastik berbentuk segi 3). Adonan tadi masukkan.
  • Siapkan teflon. Panaskan menggunakan api kecil. Ambil adonan coklat, lalu pada teflon tadi beri motif zig-zag. Setelah mengering masukkan 1 sendok sayur adonan putih, sista ratakan.
  • Lalu angkat ketika dadar sudah nampak mengering dibagian pinggirannya.
  • Siapkan selembar kulit dadar, beri isi dengan 1 sdm penuh vla. Kemudian setelah itu sista lipat & gulung.
  • Sista lakukan langkah yang sama pada adonan dadar yang lainnya.
  • Kemudian sista beri lapisan dadar itu dengan plastik.
  • Selesai.

Note:
Teflon bisa diganti dengan wajan kwalik.
Disantap langsung atau saat sudah dingin sama enaknya

♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠

DADAR GULUNG COKELAT PISANG KEJU

♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠

DADAR GULUNG BANYUWANGI

♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠

DADAR GULUNG ISI KELAPA GULA MERAH

♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠

DADAR GULUNG NUTELLA

♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠

DADAR GULUNG POLKADOT

♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠♠

DADAR GULUNG MAWAR

Dadar gulung pisang juga merupakan salah satu varian yang cukup banyak peminatnya. Hal ini bisa kita lihat, belakangan ini cukup banyak yang menjual dadar gulung isi pisang. Ditambah dengan cokelat kental yang ditabur atau divariasikan dengan cara dibuat bergaris-garis. Jika tujuannya untuk membuat camilan bagi anak-anak, agar lebih memiliki nilai gizi, berilah tambahan susu kental manis dilapisan luarnya. Semoga resep cara membuat dadar gulung isi kelapa, isi cokelat, isi pisang dan lainnya bisa berguna.



7 Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa, Cokelat DLL | Ummi Sayang | 4.5