7 Resep Kue Lapis Beragam Rasa & Warna, Lezat Mudah Dibuat

Resep dan cara membuat Kue Lapis istimewa. Sudah menjadi informasi terpopuler hingga kini kue lapis masih banyak dijumpai. Biasanya kue ini mudah dijumpai diacara-acara keluarga atau acara hajatan. Istimewanya, kue ini meskipun kehadirannya sudah ada sejak dahulu kala, namun penggemarnya masih banyak hingga kini. Kalau sering mampir diwarung kopi, kue yang satu ini tetap menjadi kue primadona yang sangat pas diseruput bersama dengan segelas kopi hangat.

Pada dasarnya untuk membuat kue lapis tidaklah diperlukan keahlian khusus. Membuatnya tidak terlalu sulit, anda hanya cukup ikuti petunjuk yang kami berikan dan kue lapis khas jajanan lokal yang melegenda siap disantap. Yang kami sajikan berbahan tepung beras dan rasanya sangat legit, kenyal dan tentu terasa sedap dilidah orang Indonesia. Tak perlu banyak basa-basi lagi, saatnya untuk langsung mempraktekkan cara membuat kue lapis istimewa untuk keluarga tercinta.

Resep Kue Lapis Tepung Beras Mudah dan Lezat

Bahan-bahan:

– Daun pandan sebanyak 3 lembar
– Tepung sagu cukup dengan 75 gram
– Pewarna makan (sesuai selera)
– Tepung beras sebanyak 275 gram
– Garam sekitar 1/2 sendok teh
– Gula pasir sebanyak 300 gram
– Santan sekitar 1 liter

Cara membuat kue lapis tepung beras mudah dan lezat:

1. Pertama kalinya rebus santan bersama dengan daun santan dan garam, pastikan rebusan tersebut hingga mencapai titik didih. Apabila sudah mendidih, angkat dan biarkan menjadi hangat.

2. Langkah kedua campurkan antara tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir. Aduk-aduk lagi bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

3. Ambil santan tersebut dan tuangkan ke bahan-bahan campuran langkah kedua secara perlahan-lahan sambil diaduk atau diuleni sampai adonannya menjadi encer.

4. Sekarang masuk ke langkah pewarnaan. Bagi adonan tersebut menjadi 3 bagian dan 2 diantaranya diberi pewarna, sedangkan adonan yang satu biarkan polos atau tanpa warna.

5. Selanjutnya siapkan loyang yang telah diolesi dengan minyak atau margarin. Kemudian tuang adonan tersebut kedalam loyang secara merata, kukus hingga mengeras. Lakukan lagi penuangan adonan kedua dan ketiga sampai habis.

6. Langkah terakhir kukus adonan-adonan tersebut hingga matang. Kurang lebih pengukusan tersebut akan memerlukan waktu selama setengah jam. Apabila sudah matang angkat dan dinginkan. Kini kue lapis lezat siap untuk disantap.

Tambahan: saat melakukan pengukusan secara berulang kali, pastikan Anda menuangkan adonan secara teliti dan tunggu hingga mengeras secara sempurna. Karena jika tidak, maka warna kue lapis tersebut tidak akan menjadi indah dan menarik.

♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣

KUE LAPIS SURABAYA IRIT TELUR

Bahan Yang Digunakan:

  • Siapkan telur segar sekira 5 butir (kalau mau sehat pake telur organik bun, tapi agak mahal)
  • Siapkan sp sebanyak 1 sdt
  • Siapkan gula pasir sejumlah 100 gr
  • Siapkan tepung terigu protein sedang sejumlah 100 gr
  • Siapkan tepung maizena sejumlah 15 gr
  • Siapkan susu bubuk sejumlah 10 gr
  • Siapkan margarin sebanyak 75 gr lalu dikocok lembut ya Bunda.

Bahan Untuk Cokelatnya:

  1. Sediakan telur segar sebanyak 5 butir
  2. Sediakan gula pasir 120 gr
  3. Sediakan sp sebanyak 1 sdt
  4. Sediakan tepung terigu protein sedang sejumlah 90 gr
  5. Sediakan cokelat bubuk sekira 25 gr
  6. Sediakan 75 gr margarin, kemudian dikocok lembut
  7. Sediakan cokelat pasta sejumlah 1/2 sdt

Olesan:

  • Persiapkan selai stroberi sejumlah 100 gr

Langkah Membuat:

  • Untuk Lapisan kuningnya: Ambil mentega & Margarin lalu kocok kedua bahan ini hingga putih. Masukkan SKM. Kemudian Bunda kocok lagi sampai rata. Sisihkan.
  • Ambil gula & kuning telur lalu kedua bahan itu di kocok sampai mengembang. Lantas masukkan maizena, tepung terigu & susu bubuk sembari Bunda ayak dan di aduk-aduk rata.
  • Ambil kocokan telur tadi lalu pelan-pelan tuangkan ke kocokan mentega. Pelan-pelan ya, dikit-dikit aja sembari diaduk rata.
  • Siapkan loyang ukuran 22 x 22 x 4 cm, lalu adonan tadi dimasukkan. Loyang tsb dikasih alas roti dulu ya dan beri olesan margarin.
  • Siapkan oven lalu panaskan pada suhu sekitar 190 ºC. Lalu adonan dlm loyang tadi di oven selama 20 menit.

Buat kue yang kuning 1 kali lagi. Langkah dan Bahan sama seperti yang diatas.

  • Untuk Lapisan cokelatnya: Ambil mentega & Margarin lalu kocak hingga putih. Ambil SKM lalu masukkan. Dan Bunda kocok rata. Sisihkan dahulu.
  • Ambil 2 bahan ini: gula & kuning telur lalu kocok hingga kembang. Lalu tiga bahan ini: susuk bubuk, cokelat bubuk & tepung terigu dimasukkan lagi sembari diayak & aduk merata.
  • Tuang kocokan telur ke dalam kocokan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  • Tuang ke dalam loyang 22 x 22 x 4 cm. Loyang tsb Bunda kasih olesan margarin dulu ya dan dialas kertas roti. Sebenarnya langkahnya sama saja waktu membuat lapisan kuningnya.
  • Oven 20 menit pada suhu 190 ºC hingga matang.
  • Langkah Penyelesaiannya: Siapkan 1 lembar kue kuning. Letakkan bagian kulit di bawah. Lalu selai stroberi di oleskan. Ambil kue yang coklat. Lalu Tumpuk ke atasnya. Beri lagi olesan selai strawberry. Kemudian Bunda tumpuk lagi diatasnya dengan kue yg warna kuning. Setelah itu tinggal dipadatkan saja.
  • Selesai.

♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣

KUE LAPIS LEGIT

♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣

KUE LAPIS KURMA

♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣

KUE LAPIS KUKUS

♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣

KUE LAPIS TAPIOKA

♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣♣

KUE LAPIS NANAS

Demikian sedikit uraian kami tentang resep cara membuat kue lapis legit yang istimewa. Menyantap kue lapis disore hari dan ketika suasana dingin katakanlah saat sedang hujan ditemani secangkir teh hangat, tentu akan menambah nuansa harmonis dalam keluarga. Dan anak-anak kita yang ikut menikmatinya juga akan merasa senang dengan penganan yang satu ini.



7 Resep Kue Lapis Beragam Rasa & Warna, Lezat Mudah Dibuat | Ummi Sayang | 4.5