7 Resep Kue Pukis Empuk dan Lezat, Paling Banyak Dicari

Beberapa kali mencoba resep cara membuat kue pukis yang ada di internet, hasilnya cukup memuaskan. Kali ini dengan sepenuh kepercayaan diri untuk menuangkan ide dan kreatifitas yang baik untuk melengkapi resep yang segar dan mudah dipraktekkan. Resepnya ternyata tidaklah begitu sulit. Dan ketika kita butuh untuk lebih dalam lagi, tentu yang di pikirkan adalah bagaimana membuat resep yang tampilannya bagus dan rasanya yang luar biasa. Kue ini digembar-gembor berasal dari jawa (tepatnya Banyumas). Darimana pun asalnya, asalkan rasanya sedap tentu harus diperjuangkan dengan darah penghabisan.

Iya, sekilas memang mirip martabak yang biasa kita makan atau beli dipasar. Tapi percayalah, jika telah terbiasa melihatnya akan dengan mudah membedakan mana martabak mana kue pukis. Yang pasti keduanya sama lezat nikmat tak terbantahkan. Jadi wajar sajalah jika kemudian banyak yang salah dengan kue yang satu ini. Lebih banyak variasi yang bisa dibuat dan juga tambahan toping akan membuatnya makin bersinar untuk segera dilahap.

Sebagai varian dari salah satu kue basah, kue pukis memang acap kali hadir dalam acara-acara keagamaan atau juga event-event keluarga tertentu. Namun belakangan ini dalam keseharian juga dengan mudahnya kita dapatkan.

Resep Kue Pukis Empuk dan Lezat

Bahan-bahan:

– Gula pasir sebanyak 100 gram
– Santan segar sekiranya 180 ml
– Telur ayam kampung 3 butir
– Tepung terigu sebanyak 150 gram
– Ragi instan cukup dengan 1/2 sdm
– Air hangat sebanyak 60 ml.

Bahan taburan (sesuai selera): meises, potongan nangka, coklat, susu, dan lain sebagainya.

Cara membuat kue pukis lezat dengan mudah:

1. Pertama siapkan panci rebus, lalu rebuslah santan segar hingga mendidih. Agar saat direbus santan tersebut tidak pecah-pecah, Anda dapat sambil mengaduk-aduk air santan tersebut. apabila sudah mendidih angkat dan diamkan.

2. Dalam wadah yang berbeda, campurkan ragi instan dengan air hangat, lalu tambahkan pula telur ayam kampung kedalam wadah tersebut dan kocok hingga mengembang atau mengeluarkan buih. Jika sudah berbuih dan mengembang, tambahkan lagi gula pasir hingga campuran tersebut menjadi kental.

3. Langkah selanjutnya tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit kedalamnya, pastikan adonan tepung terigu tersebut tercampur secara merata bersama dengan larutan ragi instan dan telur.

4. Setelah itu, ambil santan yang telah direbus tadi. Lalu masukan atau tuang air santan tersebut kedalam adonan tepung terigu, aduk-aduk kembali hingga tercampur secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menitan.

5. Siapkan cetakan kue pukis yang sudah diolesi margarin secara merata, kemudian masukan adonan kue pukis terebut dalam cetakan hingga hampir penuh.

6. Panggang kue adonan kue tersebut hingga menjadi setengah matang dengan menggunakan api sedang. Apabila sudah setengah matang, taburkan toping diatasnya. Untuk toping Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan selera. Misalkan bisa ditaburi dengan meises, potongan coklat, nangka, strawberry, dan lain sebagainya.

CATATAN: BAGI PENGGUNA SMARTPHONE, UNTUK MEMPERBESAR, SENTUH RESEPNYA GUNAKAN 2 JARI, GERAKKAN KE ARAH MELEBAR

RESEP PUKIS COKELAT KEJU

RESEP PUKIS KENTANG KEJU

RESEP PUKIS MINI DURIAN

RESEP PUKIS PANDAN KELAPA MUDA

RESEP PUKIS RAINBOW

RESEP PUKIS TAPE SINGKONG

Bagaimana dengan penampakan kue yang satu ini? Memang memancing selera orang yang melihatnya. Daripada terus kesengsem dengan gambarnya, lebih baik segera membuatnya dirumah. Resep dan cara membuat kue pukis baru di update hari ini. Moga bisa di eksekusi dengan mudah.



7 Resep Kue Pukis Empuk dan Lezat, Paling Banyak Dicari | Ummi Sayang | 4.5