Resep Kue Rangi Asli Betawi, Nikmat Melekat

2346 views

Resep cara membuat kue rangi yang satu ini memang disuguhkan dengan sentuhan magis. Sebab kue ini keberadaannya sudah sangat langka. Bisa di bilang kue ini sudah menjadi legenda karena dari dulu hingga sekarang nyatanya masih banyak yang memburu kudapan tradisional yang satu ini. Kita mungkin mengenal kerak telor, memang banyak yang menyukai kudapan tersebut. Namun berbeda dengan kue rangi, kalau kerak telor memang terlihat masih banyak sekali yang menjualnya, sedangkan untuk kue rangi sendiri sekarang ini sudah sulit ditemukan.

Melirik jajanan melegenda terkhusus yang ini mungkin kita perlu flash back sedikit bagaimana ketika dulu kue yang satu ini pamornya begitu kental ada dalam keseharian masyarakat Jakarta wabil khusus masyarakat Betawi. Bagi yang memiliki kenangan tersendiri dengan kudapan spesial ini, mungkin pantas untuk mendapatkan resepnya yang akan kami bagi beberapa waktu lagi dibawah ini. Banyak kenangan dan mungkin saja kue ini menjadi saksi bisu perubahan kultur masyarakat Betawi dari zaman dahulu hingga zaman modern terkini.

Bahan yang diperlukan :

  • Nyak Babe Siapkan kelapa tua sebanyak 1/2 btr, Lalu kupas bersih kulitnya (Ambil kelapa yang warnanya udah coklat tua)
  • Nyak Babe Siapkan tepung sagu / tapioka / kanji sebanyak kurang lebih 250 gram (kurangi 1 sendok makan untuk sausnya)
  • Nyak Babe Siapkan garam sejumlah 1/2 sendok teh
  • Nyak Babe Siapkan air matang sejumlah 3 sendok makan

Saus Gula Merah :

  1. Nyak Babe Siapkan air sekiranya 400 ml
  2. Nyak Babe Siapkan gula merah sejumlah 250 gram, lalu sisir halus
  3. Nyak Babe Siapkan tepung sagu / tapioka / kanji sebanyak 1 sendok makan
  4. Nyak Babe Siapkan nangka sejumlah 5 btr, Lalu potong kotak dengan ukuran sekitar 1/2 cm
  5. Nyak Babe Siapkan daun pandan sejumlah 1 lembar, Lalu sobek-sobek ya

Instruksi Memasak :

  • Langkah awal yaitu membuat saus gula merahnya : Nyak Babe ambil daun pandan, air dan gula merahnya lalu ketiganya dicampurkan. Nyak Babe masak sampai larut semuanya dan terlihat mendidih. Baru kemudian angkat dan biarkan hingga dingin.
  • Selama menunggu gula merah yang dimasak tadi menjadi dingin, Nyak Babe ambil kelapa lalu diparut kasar (pakai parutan keju)
  • Nyak Babe ambil cairan gula merahnya lalu disaring. Beri tambahan satu sendok makan tepung sagu / tapioka / kanji. Setelah itu Nyak Babe tambahkan nangka yang sudah dipotong-potong tadi. Kemudian dimasak gunakan api sedang. Nyak Babe saat proses memasak berlangsung aduk terus ya pakai balloon whisk supaya bawahnya nggak gosong. Proses Memasak ini berlangsung sampai terlihat meletup2 hingga matang. Lantas Angkat dan sisihkan.
  • Ambil garam, kelapa parut, tepung sagu / tapioka / kanji lalu semua bahan itu dicampur, gunakan sendok untuk mengaduknya hingga percampuran merata. Masukkan air. Kemudian Nyak Babe remas-remas adonan tersebut sampai terasa berbulir.
  • Siapkan wajan (gunakan yang anti lengket atau bisa juga memakai teflon), lalu panaskan memakai api kecil. Setelah itu ambil campuran tepung, masukkan beberapa sendok. Jangan terlalu besar supaya tidak kesulitan saat membaliknya. Kemudian tutup teflon atau wajannya. Nyak Babe masak sampai ½ matang, lalu balik. Teflonnya ditutup lagi. Lanjutkan memasak sampai matang.
  • Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang lain hingga habis.
  • Selesai.
  • Kue rangi yang melegenda siap dihidangkan bersama dengan saus gula merah yang manis gurih.

Waktu yang dibutuhkan 35 menit, Hasil yang didapat 5 porsi

Betawi bukan saja unik karena berada di Ibukota negara, tapi juga karena kekayaan budaya dan juga kulinernya yang memiliki ciri khas tersendiri. Banyak masakan dan makanan yang bukan saja lezat tapi memiliki nilai histori tersendiri. Dan kenapa kami dalam kesempatan hari ini mencoba menampilkan kudapan tradisional yang susah sekali dijumpai belakangan ini? Itu karena kami ingin ikut mencoba dan terlibat langsung dalam pelestarian makanan tradisional nusantara.

Disela-sela kesibukan yang ada, membuat resep kue rangi ternyata bisa mengusir penat dan juga ada kebahagiaan tersendiri mana kala mereka yang kangen dengan kue ini bisa membuatnya sendiri dirumah. Ciri khas yang melekat diantaranya saus gula merah yang manis dan lumer dimulut tentu merupakan sebuah cita rasa yang berbeda dari kebanyakan kue yang ada. Demikian resep kue rangin yang kami bahas dalam kesempatan ini. Beberapa yang nampak tak bisa dilepaskan dari pembuatannya yaitu penggunaan kelapa yang memang merupakan salah satu bahan utama yang rasanya tak tergantikan.