6 Resep Lumpia + Cara Membuat Kulit Lumpia Paling Enak

Resep lumpia dan cara membuat kulit lumpia yang enak dapat segera dicoba dirumah. Lumpia basah atau kering sama lezatnya, dan yang tersohor tentu saja lumpia semarang. Cara membuat lumpia tidaklah rumit seperti yang diberitakan banyak manusia dimuka bumi ini. Yang di goreng juga memiliki cita rasa tersendiri. Dan kini kami menyampaikan keadaan yang sebenarnya tentang resep yang satu ini. Seiring dengan perkembangan zaman, kami telah menemukan beberapa lumpia dengan sensasi rasa menakjubkan. Setidaknya apa yang ingin kami sampaikan ini memberi banyak pilihan yang istimewa kepada teman-teman semuanya.

UNTUK MEMBUAT KULIT LUMPIA, BACA DIPARAGRAF BAWAH ARTIKEL INI

Rasa original lumpia khas Semarang umumnya dengan campuran rebung dan juga isi wortel paling banyak dicari hingga kini. Tak mengapa kita mencintai rasa originalnya, karena memang sangat membekas dalam lidah orang yang menikmatinya. Tidak pula kita membandingkan dengan yang lainnya. Tapi, ketika kita mempercayai ada rasa lain dari lumpia yang patut diperjuangkan, tentu kita bisa mencoba membuat yang sesuai ekspektasi dan asa tentang rasanya yang berbeda.

LUMPIA APEL KISMIS

Bahan Yang Diperlukan:

  1. Sista siapin kulit lumpia dengan ukuran besar sejumlah 4 lembar, lalu sista potong 4 bagian (disini pake kulit lumpia impor)
  2. Sista siapin minyak secukupnya

Bahan Yang diperlukan Untuk Isi:

  1. Sista siapin margarin sebanyak 1 sdm
  2. Sista siapin gula palem sejumlah 50 gr
  3. Sista siapin kayumanis sebanyak 2 cm
  4. Sista siapin apel malang, lalu sista belah dua sejumlah 2 buah (atau sekitar 250 gr), kemudian iris tebal 1/2 cm
  5. Sista siapin kismis sejumlah 50 gr, lantas potong 2 bagian ya sist
  6. Sista siapin garam setidaknya 1/8 sdt
  7. Sista siapin air sebanyak 50 ml
  8. Sista siapin maizena sejumlah 1/2 sdm dan 1/2 sendok makan air, sista larutkan utk pengental
  9. Sista siapin tepung terigu 1 sdt gunakan yg protein sedang & 1 sendok teh, sista larutkan utk lem

Instruksi:

  • Untuk Isi: Sista ambil margarin lantas panaskan. Masukkan kayu manis & gula palem lalu sista aduk merata.
  • Kemudian setelah itu sista tambahkan apel & kismis. Lalu setelah itu sista aduk hingga layu. Masukkan air & garam. Masak ya sist sampai matang.
  • Sista Kentalkan memakai larutan maizena tadi. Masak hingga terlihat meletup-letup ya.
  • Bahan isian tadi sista taruh dibagian atas kulit lumpia. Kemudian setelah itu sista Lipat sisi kanan dan juga bagian kiri. Gulung.
  • Ambil minyak Goreng. Panaskan.
  • Sista goreng lumpianya sampai berubah warna terlihat kecoklatan.
  • Selesai.

Hasil yang didapat 16 buah

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

LUMPIA AYAM KEJU MAYO

Bahan Yang Diperlukan :

  1. Sista persiapkan kulit lumpia dengan ukuran kecil saja, yang udah siap pakai ya sejumlah 8 buah
  2. Sista persiapkan putih telur sejumlah 2 btr, lantas sebelumnya sista kocok lepas nanti digunakan untuk perekat

Bahan Isi:

  1. Sista persiapkan ayam asap sejumlah 3 lembar, potong dulu ya sist berbentuk dadu ukuran kecil
  2. Sista persiapkan keju cheddar parut sekira 50 gr
  3. Sista persiapkan mayones setidaknya 50 gr
  4. Sista persiapkan susu kental manis sejumlah 1 sdm

Instruksi Membuat:

  • Untuk Isi: Beberapa bahan ini sista campurkan keju cheddar, mayones, ayam asap & SKM. Lalu jangan lupa diaduk hingga rata.
  • Sista siapkan 1 lembar kulit lumpia. Kasih isi. Lalu kemudian sista Lipat bagian kanan dan juga kirinya. lanjut sista gulung. Beri perekat memakai putih telur.
  • Panaskan minyak. Goreng lumpianya.
  • Selesai

Tips: Saat menggoreng gunakan api sedang

Hasil Yang Diperoleh 8 buah

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

LUMPIA ISI REBUNG MUDA

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

LUMPIA BASAH DAGING AYAM KENTANG WORTEL

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

LUMPIA GORENG KHAS SEMARANG

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

LUMPIA GORENG UDANG SAYUR

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Lumpia bisa dijumpai dipasar atau dipedagang keliling. Belakangan memang sudah familiar dan menyebar ke penjuru tanah air. Banyak yang mulai melirik penganan ini dan ketika telah sampai dilidah, banyak yang seketika jatuh cinta. Isi dari lumpia memang beragam, ada yang berisi sayur, udang, ayam dan sejenisnya. Cara menyajikannya tentu saja berbeda, dan kita bisa memvariasikan sesuai keinginan masing-masing. Cocok juga ketika nanti telah mahir untuk dijadikan bisnis. Sebab masih belum banyak yang jual lumpia terutama daerah diluar Jawa dan Jakarta.

CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA BASAH & KERING

Cara praktis membuat kulit lumpia basah

Bahan yang perlu bunda siapkan :

  1. Segera cari bahan berupa tepung terigu sebanyak 300 gr (sebaiknya memakai yang protein sedang saja)
  2. Segera cari bahan berupa telur sebanyak satu butir saja (Lalu terlebih dahulu Bunda kocok)
  3. Segera cari bahan berupa garam secukupnya
  4. Segera cari bahan berupa minyak secukupnya
  5. Segera cari bahan berupa air putih sebanyak 300 ml (Bila ingin hasilnya terasa gurhi, bunda bisa memakai air santan ya)

Langkah :

  1. Hal awal yang perlu Bunda lakukan yaitu ambil bahan garam serta tepung terigu kemudian keduanya Bunda campur sambil diaduk sampai rata. Setelahnya bunda ambil telur lantas ditambahkan ke adonan. Jangan lupa telurnya bunda kocok dulu ya sebelum ditambahkan. Lalu berikutnya masukkan air putih (atau bisa diganti santan) secara sedikit-sedikit. Lanjut kembali bunda tambahkan minyak lebih kurangnya 1 1/2 sendok makan.
  2. Setelah itu pada bagian ini bunda bisa mengaduknya lagi hingga rata. Barulah dilanjutkan lagi dengan mendiamkan adonan tersebut dalam waktu sekira dua puluh menit.
  3. Setelah itu kita bisa melangkah ke bagian berikut ini yaitu bunda ambil teflon lalu beri beberapa olesan mentega (disini kami memakai minyak untuk mengolesi teflonnya). Panaskan. Setelahnya masukkan adonan diatas dengan bentuk bundar serta tipis. Saran dari kami pakailah api sedang. Lanjut lagi baru kemudian diangkat jika telah matang.
  4. Selesai. Kulit lumpia sudah bisa bunda pakai.

Cara Mudah Pembuatan Kulit Lumpia Kering :

Bahan yang bunda perlukan:

  • Segera cari bahan berupa tepung terigu sejumlah 200 gr (pakai yang mengandung protein sedang ya bunda)
  • Segera cari bahan berupa putih telur satu butir
  • Segera cari bahan berupa garam sejumlah satu sdt
  • Segera cari bahan berupa 2 sdm minyak sayur sekiranya dua sdm (atau Bunda juga bisa memakai mentega)
  • Segera cari bahan berupa air putih

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering :

  • Dibagian awal ini bunda perlu lakukan yaitu ambil garam serta terigu kemudian dicampurkan kedua bahan tersebut, lanjut dengan diaduk bagian-bagiannya merata. Lanjut lagi bunda ambil telur lalu tambahkan ke adonan itu. Kembali bunda aduk ya.
  • Kalau diperhatikan, tidak ada perbedaan mendasar cara membuatnya dengan kulit lumpia batas diatas. Oke lanjut lagi, Bunda ambil air lalu tambahkan air putih dengan metode sederhana yaitu dituangkan dengan cara sedikit-sedikit saja sembari bunda aduk merata. Pada langkah ini, bunda biarkan adonan tersebut dengan rentang waktu sekiranya 1/2 jam.
  • Tahap berikut ini yaitu yang perlu dilakukan, bunda siapkan wajan penggorengan kemudian beri olesan minyak. Lanjut beberapa saat kemudian bunda lakukan penggorengan. Bentuk menjadi ukuran yang tipis.
  • Penggorengan yang dilakukan memakai api kecil saja. Bunda perhatikan bagian pinggir kulit lumpianya, kalau sekiranya terlihat sudah terkelupas dari wajan barulah diangkat.
  • Selesai. Setelah dingin, kulit lumpia sudah bisa dipakai untuk tahapan selanjutnya.

Secara umum kita mengenal lumpia memang identik dengan kota Semarang, namun sejarah terciptanya memang unik karena berasal dari perpaduan budaya Jawa dan China. Ada kisah romantis didalamnya, namun kami tidak ingin terlalu jauh membahasnya. Biarkan kami fokus pada resep dan cara membuatnya. Yang juga tak kalah penting, selain resep cara membuat lumpianya, cara membuat kulit lumpia juga hal yang cukup krusial untuk diperhitungkan dengan sangat matang. Untuk itulah kami memberikan segmen khusus cara membuat kulit lumpia yang legit dan bentuknya juga istimewa.



6 Resep Lumpia + Cara Membuat Kulit Lumpia Paling Enak | Ummi Sayang | 4.5