2 Resep Martabak Manis Bangka Spesial Paling Dicari

Berapa kali membeli martabak? Sudah tentu sangat sering. Ini resep cara membuat martabak manis penuh kejutan karena didalamnya penuh sensasi yang luar biasa tak terbayangkan. Dulu hampir setiap kali hari Rabu saya dibelikan orang tua martabak manis yang sedapnya sulit dilupakan. Porsinya cukup besar waktu itu dan saya bersama saudara saya yang lain menyantapnya beramai-ramai. Bagi kami, dulu jajanan ini adalah jajanan favorit dan istimewa. Tidak setiap hari kami mendapatkannya. Harus seminggu sekali kami menunggu kudapan yang satu ini. Itupun tidak setiap minggu, bahkan kadang hanya sebulan sekali.

Sekalipun demikian. Kami tetap merasa bahagia ketika Ayah membawakannya. Memang, ekonomi keluarga kami waktu itu sangatlah sulit, jadi tidak mungkin kami meminta jajanan ini setiap saat. Maaf untuk curhatnya ya. Sekarang mari kita fokuskan pada resep dan cara membuat martabak manis penh kejutan yang satu ini.

Resep Martabak Manis Bangka Spesial

Bahan-bahan:

  1. Telur cukup dengan 2 butir, kocok lepas
  2. Margarin secukupnya, cairkan
  3. Ragi instan sekiranya 1/2 sendok teh
  4. Gula pasir sekitar 125 gram
  5. Air matang dan bersih sebanyak 600 ml
  6. Baking powder sekiranya 1 sendok teh
  7. Garam halus sebanyak 1/2 sendok teh
  8. Pasta vanili sekitar 1/4 sendok teh
  9. Tepung terigu segitiga biru cukup sebanyak 500 gram

Bahan untuk isian:

  • Susu kental manis secukupnya.
  • Keju cheddar seperlunya saja.

Cara membuat martabak manis bangka dengan mudah:

1. Pertama kalinya siapkan sebuah wadah untuk mencampur adonan. Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula pasir halus, margarin cair, ragi instan, pasta vanili, serta garam secara merata. Agar bahan-bahan tersebut bisa tercampur merata, aduklah hingga kurang lebih 10 menitan. Lalu setelah itu campurkan air sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk-aduk agar merata.

2. Selanjutnya ambil alat mixer atau pengkocok. Kemudian kocok adonan tersebut dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga tercampur secara merata dan mengembang sempurna.

3. Apabila adonan tersebut sudah mengembang dan tercampur secara merata, tambahkan baking powder kedalamnya. Aduk-aduk lagi agar baking powder tersebut tercampur rata.

4. Kita masuk ke proses pemasakan. Disini siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan yang sudah diolesi dengan margarin sebelumnya. lalu tuangkan adonan tersebut kedalam wajan dan pastikan adonan tersebut memiliki ketebalan yang rata. Amati bagian permukaan adonan tersebut, apabila sudah mengelembung tutuplah wajan dan masak hingga matang.

5. Apabila sudah matang, maka ambil adonan tersebut dan olesi dengan margarin. Setelah itu parut keju secukupnya diatas adonan tersebut, serta jangan lupa susul dengan menyiram susu kental manis diatasnya.

6. Belah adonan tersebut menjadi dua bagian dengan bentuk setengah lingkaran. Kini kue martabak manis siap disantap.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

RESEP MARTABAK MANIS KETO

Bahan yang Dipakai :

  1. Bunda cerdas siapkan tepung almond sekira 6 sendok makan
  2. Bunda cerdas siapkan baking powder sebanyak 2 sendok teh
  3. Bunda cerdas siapkan cream cheese sebanyak 100 gram (jangan dari kulkas ya, pakai suhu ruang)
  4. Bunda cerdas siapkan pemanis secukupnya
  5. Bunda cerdas siapkan telur sebanyak 4 buah (Jangan yang dingin, tapi yang suhu ruang)
  6. Bunda cerdas siapkan butter sebanyak 2 sendok makan, lalu Bunda lelehkan
  7. Bunda cerdas siapkan topping (Disesuaikan dengan keinginan masing-masing ya, sifatnya optional)

INSTRUKSI :

  • Langkah awal Bunda ambil teflon lalu panaskan. Setelah itu kasih olesan butter.
  • Langkah selanjutnya Bunda ambil baking powder serta tepung almond lalu keduanya dicampur. Sisihkan dahulu ya.
  • Siapkan wadah yang lainnya. Masukkan pemanis serta cream cheese. Baru kemudian di mixer hingga lembut.
  • Setelah itu tambahkan sebutir telur, lanjut Bunda mixer kembali hingga merata. Setelah itu tambahkan telur lagi, mixer kembali hingga merata. (Lakukan langkah ini satu per satu hingga 4 telurnya habis). Lantas tambahkan butter 2 sendok makan. Lanjut Bunda mixer lagi ya.
  • Tahapan setelahnya, Bunda ambil almond flournya serta baking powder lalu tambahkan kedalam adonan diatas. Mixer lagi ya Bunda hingga rata.
  • Adonan tersebut bunda curahkan kedalam teflon yang sebelumnya telah dipanaskan dan juga sudah bunda olesi butter. Teflonnya Bunda goyang searah memutar. Lakukan beberapa kali ya Bund. Tujuannya agar tercipta crust dibagian pinggiran teflonnya. Bunda bisa menunggu sejenak hingga terlihat adanya pori dibagian atas martabak tersebut. Setelah berpori, Bunda kecilkan api hingga sangat kecil. Teflon dberi tutup.
    Secara kontinue Bunda masak memakai api kecil kurang lebih waktunya 15 sampai 20 menitan. Sesekali Bunda bersihin tutupan telfonnya tadi dari uap air.
  • Langkah berikutnya. Ambil butter lalu bagian crust nya, bagian pinggir bunda kasih olesan butter agar nanti memudahkan saat mau dilepas.
  • Angkat martabak. Lalu tambahkan topping sesuai keinginan masing-masing. Bisa diberi taburan meises / cokelat. Potong-potong sesuai keinginan.

Catatan: Agar martabak tidak gosong saat dimasak, sebaiknya pakailah teflon yang tebal. Sehingga nanti panas yang dihasilkan lebih merata persebarannya. Dan bagian bawah martabak juga tidak terlalu panas suhunya dibanding bagian pinggirannya.

Sebagai bagian penutup dalam penyampaian resep martabak manis ini, kami sarankan agar Bunda secara serius membuatnya dengan cinta. Sebab membiasakan diri membuatnya dirumah akan lebih menyehatkan karena kualitas bahan yang digunakan mudah kita untuk mengontrolnya. Dan penambahan zat gizi lainnya bisa dengan gampang kita kreasikan sendiri.



2 Resep Martabak Manis Bangka Spesial Paling Dicari | Ummi Sayang | 4.5