Resep Martabak Telur + Cara Mudah Membuat Kulit Martabak

38732 views

Martabak memang primadona tanpa kenal batasan usia. Resep dan cara membuat martabak telur ini kami buat dengan konsep terstruktur dan juga kami pun sediakan cara membuat kulit martabaknya yang termudah dengan teknik khusus yang kemudian akan dipaparkan dibawah ini. Bentuknya memang menarik, penulis sendiri sering kali membeli martabak jenis ini. Selain sebagai pengganti kebosanan dengan martabak biasa, yang kali ini tentu akan diteruskan dalam sebuah sketsa tersendiri. Sebuah keharusan kita jika ingin lebih membuat sehat keluarga adalah dengan mampu membuat penganan, entah yang berupa jajanan ringan atau yang mengenyangkan. Dengan bisa membuatnya dirumah, kita sudah pasti akan mengontrol penuh kehigienisan dan nilai gizi yang ada dalam masakan tersebut.

Bagaimana pun keinginan yang kuat dalam menghadirkan sebuah kudapan spesial akhirnya melahirkan sebuah ide untuk membuat martabak telur versi sendiri yang dalam kenyataannya lebih nikmat karena dibumbui dengan sepenuh cinta dan kemurnian kasih sayang. Betapa senanganya hati ketika martabak ini disantap dan di nikmati keluarga, mereka terlihat gembira dan begitu menikmatinya dengan suka cita. Pujian kecil yang hadir dalam suasana seperti itu tentu akan menambah motivasi tersendiri yang rasanya sulit untuk diganti dengan sesuatu apapun. Kiranya kita juga akan merasa kenikmatan tersendiri dengan mampu mengeksekusi resep ini dirumah.

Agar mudah dimengerti, dibawah ini kami sajikan cara mudah membuat kulit martabak yang enak:

Bunda terlebih dahulu siapkan bahan untuk pembuatan kulitnya seperti :

  1. Tepung terigu sejumlah 4 sendok makan
  2. Air sebanyak 3 sampai 4 sendok makan (penggunaannya dengan dikit-dikit aja bunda, seandainya kurang nanti bisa bunda tambahin)
  3. Minyak sayur sekira satu sendok makan
  4. Garam sejumlah seperempat sendok teh

Langkah membuat kulit martabak :

  • Semua bahan kulit diatas yaitu tepung terigu, minyak, garam dan air bunda campurkan semua. Airnya ditambahkan dikit-dikit ya Bunda, jangan sekaligus. Bunda lakukan pengadukan hingga merata.
  • Setelah itu lanjutkan kelangkah berikut ini dengan merendam adonan diatas ke dlm minyak goreng selama minimal setengah jam.

Oke, sampai disana, langkah membuat kulit martabaknya sudah selesai. Kita lanjutkan kebagian selanjutnya seperti yang akan kami terangkan dibawah ini.

Bahan Isian Martabak :

  1. Bunda persiapkan telur sejumlah dua butir
  2. Bunda persiapkan daun bawang ukuran besar sebanyak dua btg
  3. Bunda persiapkan sosis sekiranya dua bh ( bunda juga bisa memakai daging cincang halus)
  4. Bunda persiapkan bumbu kare sekiranya satu sendok teh (jika tidak memungkinkan boleh di skip aja)
  5. Bunda persiapkan garam seperlunya
  6. Bunda persiapkan minyak goreng

Bahan Pelengkapnya :

  • acar timun sebanyak satu buah
  • Saos sambal seperlunya

Instruksi :

  • Langkah awal, bunda ambil sosis serta daun bawang lantas setelah itu dipotong-potong. Sisihkan dahulu.
  • Lanjut lagi setelah itu bunda ambil telur kemudian kocok kedalam sebuah mangkuk. Kocokan telur tersebut bunda kasih garam serta bumbu kari. Bunda lakukan pengadukan hingga merata.
  • Setelahnya, ptongan bawang serta sosis yang sudah dipotong-potong tadi bunda tambahkan kedalam kocokan telur diatas.
  • Langkah berikutnya, bunda ambil adonan kulit yang telah direndam minimal setengah jam tadi. Lalu bunda ratakan diatas teflon.
  • Setelah rata diatas teflon, barulah bunda hidupkan kompornya memakai api kecil saja. Setelah terlihat panas, barulah menyusul kemudian ditambahkan bahan isian tadi kebagian atas kulit.
  • Bunda lihat, sekiranya bagian kulit sudah nampak 1/2 matang, bunda lipat sisi kiri kanan atas bawahnya menyerupai amplop.
  • Setelah itu bunda bisa menambahkan minyak sedikit agar nanti bagian kulit terasa crispy. Kemudian bunda bisa membesarkan api kompor hingga sedang.
  • Lihat adonannya, ketika sudah nampak matang dan dirasa sudah cukup kokoh, barulah bunda balik dengan hati-hati.
  • Biasanya, dibaliknya hanya sekali saja. Namun bunda boleh bereksperimen jika ingin membolak-balik beberapa kali.
  • Bunda lihat martabaknya, jika sudah berubah warna menjadi kuning keemasan dan cenderung coklat, barulah diangkat. Kemudian tiriskan agar kandungan minyaknya berkurang.
  • Selesai. Bunda bisa menambahkan bahan pelengkap sesuai hasrat masing-masing.

Hasil yang didapat 2 porsi ukuran sedang

Martabak telur super enak sudah bisa di nikmati dengan tambahan bahan pelengkap lainnya. Bunda juga mengkreasikannya dengan tambahan kuah kari. Demikian ulasan teratas hari ini mengenai resep dan cara membuat martabak telur plus cara membuat kulit martabak super krispi dilengkapi dengan gambar agar memudahkan bunda semuanya dalam mengikuti resep kami ini. Semoga bermanfaat ya dan bisa menambah koleksi resep yang dimiliki.

Selanjutnya bunda bisa lihat resep  dibawah ini :

Resep Terang Bulan Mini No Telur, Mudah Buatnya

Wow Resep Martabak Mini Modal 10rb Jadi 30 Biji, Dijual 1rb

7 Resep Martabak Manis Mini, Super Enak – Mudah Dibuat

2 Resep Martabak Manis Bangka Spesial Paling Dicari