5 Resep & Cara Membuat Nugget Ayam + Tempe Bintang LIMA

35337 views

Keinginan membuat nugget akhirnya tercapai juga. Resep dan cara membuat nugget ayam dan tempe spesial ini memang membuat semangat untuk memasaknya didapur. Sebab dalam sekalian banyak yang kami sampaikan, dalam kesempatan yang sempurna ini nampaknya akan didominasi oleh cara bikin nugget spesial berbahan dasar ayam dan juga tempe. Nugget ayam memang sudah sangat familiar ditelinga kita dan sudah sering merasa indahnya dalam lidah kita.

Sedap memang rasanya melihat sajian nugget diatas piring dengan hiasan sayur kesukaan kita sebagai pelengkapnya. Mungkin bagi yang ingin menyudahi rasa lelah dengan ayam, bisa mencoba kreasi lain dari nugget itu sendiri, yaitu nugget berbahan tempe. Tempe seperti yang kita ketahui adalah makanan yang digemari hampir semua kalangan. Banyak sekali penganan yang bisa dibuat dari tempe.

Selain itu ditafsirkan dengan rangkaian ilmu yang menjelaskannya, tempe memiliki kandungan gizi yang banyak dan sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

Resep Nugget Ayam Jamur 

Bahan Yang Digunakan:

  1. Siapkan Dada Ayam cincang / giling sebanyak 350 gram
  2. Siapkan Jamur Tiram sebanyak 1 bungkus (atau sekitar 5-6 buah jamur)
  3. Siapkan Wortel yang telah di parut sebanyak 1/2 batang
  4. Siapkan Bawang Putih sebanyak 2 Siung lalu dicincang
  5. Siapkan Tepung Sagu/Tapioka sejumlah 2 sendok makan
  6. Siapkan Tepung Terigu sejumlah 1 sendok makan
  7. Sediakan merica bubuk sekiranya Sejumput aja
  8. Sediakan Penyedap Rasa sekira 1/2 sendok teh (bisa di hilangkan bagi yang tidak suka)
  9. Sediakan Garam & Gula (Ukuran jumlah sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing)
  10. Sediakan Telur ayam sebanyak 1 butir

Persiapan Bahan Untuk Pencelup:

  1. Sediakan telur ayam sebanyak 1 butir saja lalu di kocok
  2. Sediakan tepung bumbu serbaguna sebanyak 10 sendok makan (Bunda bisa pake tepung Putri)
  3. Siapkan Tepung Panir sebanyak 1/2 ons
  4. Minyak Goreng

Cara Membuat:

  • Ambil jamur tiram lalu rebus sambil ditambah garam sedikit aja. Rebus 1 menit, tujuannya agar bau jamur hilang. Setelah warna air berubah kuning lalu angkat & tiriskan. Baru kemudian Bunda cincang kasar.
  • Siapkan bawang putih cincang kemudian Bunda tumis hingga harum. Angkat dan tiriskan.
  • Semua bahan yang ada dicampurkan. Kemudian Bunda uleni sampai rata. Oh ya bahan pencelupnya jangan dimasukin ya Bund.
  • Ambil panci untuk mengukus, lantas adonan nugget tadi Bunda tuangkan ke loyang. Loyang tadi kasih minyak atau mentega ya Bund biar gak lengket. Kukus lebih kurang 15 menitan.
  • Matikan api. Angkat loyang sembari diangin-anginkan sampai dingin ya Bunda.
  • Nah langkah selanjutnya kalau nugget dalam loyang tadi udah dingin baru Bunda potong nugget tsb dengan bentuk kotak atau persegi panjang.
  • Selanjutnya siapin bahan pencelup.
  • Lalu Bunda siapin nugget yang udah dipotong tadi, dan masukkan kedalam tepung bumbu serbaguna, lantas masukkan ke dalam kocokan telur, lalu gulirkan pada tepung panir yang tadi sudah disiapkan.
  • Panaskan minya diatas api sedang. Lalu goreng. Bunda angkat kalau nuggetnya sudah berubah warna jadi keemasan.
  • Selesai. Nugget akan lebih nikmat disantap dengan saus sambal.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Resep Nugget Ayam Wortel

Bahan Yang Digunakan:

Sediakan daging ayam segar sebanyak 250 gram
Sediakan tepung terigu sekira 250 gram
Siapkan tepung tapioka sebanyak 50 gram
Sediakan telur segar sebanyak 2 btr
Siapkan wortel besar sebanyak 2 buah
Ambil sledri sekira 3 batang
Siapkan daun bawang sejumlah 3 batang
Siapkan bawang putih & bawang merah sebanyak masing-masing 4 siung
Siapkan lada bubuk (saya pake ladaku 1 sachet biar praktis)
Siapkan penyedap rasa 1 sachet (saya pake masako rasa ayam)
Lalu yang terakhir siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh

Bahan Untuk pelapisnya:

Persiapkan tepung terigu sejumlah 50 gram
Siapkan air secukupnya
Siapkan tepung roti sebanyak 250 gram

Cara Membuat:

  • Bahan yang terdiri wortel, seledri & daun bawang dicincang-cincang.
  • Ambil food processro dan daging ayam digiling hingga halus. Bagi yang gak ada food processor bisa menggunakan blender ya Bunda.
  • Ambil bawang merah & putih, keduanya dihaluskan.
  • Ambil daging ayam, sayuran & tepung. Ketiganya dicampurkan. Aduk rata. Gunakan wadah yang cukup besar ya Bund.
  • Kemudian telur dan air dimasukkan sedikit demi sedikit ya bunda.
  • Cek lagi bun hasil adonannya. Kalau sudah rata nggak encer dan juga nggak kental-kental banget. Berarti udah oke.
  • Lanjut lagi, adonan itu tuangkan ke loyang persegi yg sebelumnya Bunda kasih alas plastik dulu.
  • Panaskan kukusan. Lalu kukus. Tips dari kami agar uap air hasil kukusan tidak merembes kedalam. Kukusan itu dikasih alas serbet. Lama pengukusan sekitar 25 mnt.
  • Angkat. Setelah dirasa agak dingin. Baru kemudian potong nugget segi empat. Atau segi panjang sesuai keinginan.
  • Setelah itu potongan-potongan nugget tsb dimasukkan ke adonan terigu, gulingkan dlm tepung roti. Lakukan hingga habis.
  • Panaskan Minyak. Goreng pake api kecil. Goreng hingga matang.
  • Selesai.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Resep Nugget Ayam Keju (VIDEO)

Tak banyak memang yang bisa diterjemahkan lebih lama lagi karena nugget sangat renyah dan begitu menggetarkan lidah bagi yang mengkonsumsinya. Kreasi nugget sering kali kita jumpai dalam kemasan 400gr di minimarket atau supermarket terdekat. Rasanya memang itu-itu saja dan tak banyak yang bisa diolah lebih jauh lagi karena memang sudah seperti itu adanya. Dengan membuatnya sendiri dirumah tentu akan lebih menambah kaya rasa dan kaya manfaat dengan tambahan bahan lainnya.

Resep Nugget Tempe Juara Rasanya (VIDEO)

Resep Nugget Tempe Hemat Rasa Nikmat (VIDEO)

Sebab kami ingin selalu membuat resep yang sangat sempurna dan mudah diterapkan serta mampu diaplikasikan dengan secepat mungkin dirumah. Semoga resep dan cara buat nugget tempe dan ayam ini mampu memenuhi segala kebutuhan teman-teman semuanya.



Tags: #Tempe