Resep Sambal Goreng Kentang Penambah Selera Makan

16562 views

Resep cara membuat sambal goreng kentang dengan olahan bumbu spesial ala masyarakat tradisional yang justru lebih nyumi jika dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi atau dengan bahasa lainnya tinggal dimakan saja. Walhasil lebih cenderung ingin membuatnya dengan sepenuh jiwa jika ingin yang memiliki rasa sensasi paling prima. Jelas saja keunggulan sambal al Nusantara selalu menjadi yang teratas. Bahkan gemanya sudah tersohor ke Seantero dunia. Cita rasa pedas dalam sajian sambal merupakan keunikan tersendiri dari kekayaan kuliner bangsa ini. Tak heran dengan makin beragamnya varian sambal yang ada, membuat banyak orang tergerak ingin membuat kreasi baru yang mungkin mengalahkan cita rasa yang pernah ada sebelumnya.

Nampak bahwa memang kalau melihat lebih jauh dengan semua ini, kita akan dihadapkan dengan kecenderungan pada olahan bercita rasa pedas selalu saja menyedot banyaknya penggemar di Indonesia. Bukan saja itu, hampir disetiap masakan, khususnya masakan tradisional selalu menyertakan cabai sebagai sumber rasa pedas. Jadi dengan kecenderungan yang demikian itu, akan rugi sekali ketika ada yang tidak suka dengan sensasi pedas dalam masakan, karena kita akan terbatas menyantap beberapa hidangan istimewa. Sama halnya dengan sambal goreng kentang ini. Selain cita rasa yang legit menggigit, manfaat dari kentang itu sendiri sangat berguna bagi tubuh kita.

Bahan Yang Harus Disiapkan :

  1. Mama sayang segera siapkan kentang sebanyak 500 gram
  2. Mama sayang segera siapkan wortel sejumlah 500 gram
  3. Mama sayang segera siapkan ati ampela sekiranya 500 gram
  4. Mama sayang segera siapkan bawang merah setidaknya 13 siung
  5. Mama sayang segera siapkan bawang putih sekira 10 siung
  6. Mama sayang segera siapkan cabe merah sejumlah 3 buah
  7. Mama sayang segera siapkan cabe rawit sebanyak 3 buah (ini disesuaikan ya, kalau mau tidak terlalu pedas bisa tdk pake rawit ya)
  8. Mama sayang segera siapkan daun jeruk sebanyak 4 lembar
  9. Mama sayang segera siapkan santan kara sebanyak satu bungkus
  10. Mama sayang segera siapkan serai sejumlah 1 batang
  11. Mama sayang segera siapkan lengkuas sejumlah 1 ruas
  12. Mama sayang segera siapkan gula, garam dan minyak dengan jumlah secukupnya

Instruksi Memasak :

  • Ambil kentangnya lantas Mama potong kecil bentuk dadu kalau bisa. Ukuran sedang saja jangan terlalu kecil agar kentangnya tidak mudah hancur. Lalu Mama goreng hingga 1/2 matang.
  • Mama ambil wortelnya lantas potong dengan ukuran kecil-kecil ya lalu sisihkan dahulu.
  • Ambil ati ampela lalu potong-potong. Bentuk potongannya terserah Mama aja. Lantas digoreng sampai warnanya berubah.
  • Semua bumbu yang tadi udah dipersiapkan, Mama haluskan semua. Yang tidak ikut dihaluskan hanya lengkuas & serai saja.
  • Jika bumbunya sudah halus, baru kemudian Mama tumis. Serai dan lengkuasnya Mama geprek, setelah di geprek masukkan kedalam tumisan tadi. Setelah itu tambahkan ati ampela, wortel serta kentang. Masukkan sedikit air. Aduk rata.
  • Sesaat setelah percampuran bumbu dan bahan lainnya sudah merata, kemudian tambahkan santan kara.
  • Mama aduk rata. Lalu masak hingga matang.
  • Angkat saat airnya sudah menyusut.

Sebagai penyemangat saja dan sekilas info tentang sensasi pedas dari cabe, bahwa menurut beberapa sumber yang kami temukan ternyata pedasnya cabai mampu menambah semangat seseorang. Yang pasti sih dan sudah mafhum kita temui, kalau sudah menyantap masakan, apapun jenisnya itu, dengan cita rasa pedas didalamnya, orang akan mengeluarkan keringat. Percayalah teman, itu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan ketika kita berkeringat sehabis makan.

Dilain sisi, dengan keberagaman kuliner ditanah air tercinta. Sulit rasanya jika kita harus menghilangkan rasa pedas dalam masakan. Karena nampaknya sensasi pedas sudah melekat bersama dengan lidah-lidah orang Indonesia. Bahkan di luar negeri hal ini juga sangat terkenalnya. Masakan pedas Indonesia selalu mengundang beberapa hal yang sulit diterjemahkan dengan bingkai kata. Semoga resep dan cara membuat sambal goreng kentang ini bisa memenuhi keinginan hati selama ini.

Selanjutnya : Resep Sambal Goreng Enak Bikin Ketagihan