Resep Seblak Basah Khas Bandung yang Enak

76319 views

Resep Seblak Basah

Lagi mencari Resep Seblak? Ini dia resep dan cara membuat seblak basah khas Bandung yang memang dari dulu sudah sangat terkenal kelezatannya. Memang kuliner khas Bandung ini terkenal dari dulu dan rasanya yang spesial membuat penganan ini banyak digemari masyarakat luas. Tak heran jika kemudian banyak yang mencari dan ingin belajar membuatnya sendiri dirumah. Seblak kering ataupun basah sama enaknya. Dan dalam kesempatan ini yang akan kami bahas adalah tentang membuat seblak basah.

Meskipun bagi sebagian orang seblak basah tetap yang spesial. Banyak yang menjualnya jika kita berkesempatan jalan-jalan atau wisata kuliner ke kota parahyangan ini. Untuk itulah kami sengaja dalam kesempatan ini memberikan resep seblak basah khas Bandung yang istimewa dan patut untuk diuji didapur anda. Sajian ini sangat tepat disajikan saat santai bersama keluarga dan juga diacara-acara tertentu. Resepnya mudah diikuti dan dijamin anda akan ketagihan membuatnya nanti.

Resep Seblak Basah Khas Bandung yang Nikmat

Bahan-bahan:

– Kerupuk merah (mentah) sebanyak 5 gr, direndam dalam air mendidih
– Bakso sapi 3 butir saja, potong-potong sesuai selera
– Sosis ayam sebanyak 2 buah, potong-potong sesuai selera
– Telur ayam yang masih baru cukup 1 butir
– Sawi putih secukupnya, dipotong-potong sesuai selera
– Kecap manis pedas gurih secukupnya saja
– Air dan minyak secukupnya untuk menumis
– Gula dan garam seperlunya
– Penyedap rasa sesuai dengan selera (secukupnya)

Bumbu yang dihaluskan :

– Cabai rawit merah sebanyak 8 buah (jika tidak suka pedas bisa kurang)
– Bawang merah sekitar 5 siung
– Bawang putih cukup dengan 1 siung
– Kunyit 1 buah berukuran 2cm
– Kencur 1 buah berukuran 2 cm

Pelengkap :

– Bawang goreng disesuaikan dengan selera masing-masing
– Irisan daun bawang sesuai selera

Cara membuat seblak basah khas Bandung dengan mudah:

1. Pertama kalinya cuci bersih kerupuk mentah yang telah dipersiapkan tadi. Lalu rendam kerupuk tersebut kedalam air yang mendidih (panas) sampai empuk. Tiriskan terlebih dahulu.

2. Langkah selanjutnya panaskan minyak, lalu tumis semua bumbu yang telah dihaluskan. Pastikan tumisan tersebut sampai mengeluarkan aroma atau bau yang harum.

3. Setelah bumbu tumisan tersebut mengeluarkan aroma yang harum, masukkan sawi putih, bakso, dan sosis ayam kedalamnya. Masak sampai bumbu terlihat meresap kedalam bakso dan sosis.

4. Kemudian masukan kerupuk merah yang sudah kita rendam air panas tadi kedalam masakan tersebut. agar tidak mudah lengket, tambahkan sedikit air.

5. Masukan garam, gula, penyedap rasa, dan juga kecap pedas manis gurih. Masak semua bahan sampai mengental, kemudian angkat dan sajikan bersama irisan daun bawang sekaligus bawang goreng diatasnya.

Seblak sangat pas dinikmati beramai-ramai. Demikian yang bisa saat ini kami sampaikan pada teman-teman semuanya. Semoga artikel kali ini bisa membantu dengan sangat baiknya dan tetap terus pantau update resep terbaru dari kami ya.