6 Resep Kreasi Sosis Kentang, Rolade, Sosis Solo DLL

Membuat Sosis RumahanSiapa yang tidak suka dengan sosis? Daging lembut sosis bisa terbuat dari ayam dan juga sapi. Sosis lezat dimakan dengan saus sebagai kudapan atau diolah menjadi berbagai santapan lainnya yang menemani santap pagi, siang atau malam. Banyak sekali penggunaan sosis pada makanan. Contohnya seperti hot dog, sup, makaroni schotel, dan lain sebagainya. Maka tidaklah mengherankan jika kita semua menyukai mengkonsumsi resep masakan ayam dengan sosis.

Sayangnya ketika kita membeli sosis di supermarket, kebanyaan memiliki kandungan bahan kimiawi seperti pengawet dan perasa yang bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus. Memang ada tips yang mengatakan bahwa sebelum memproses sosis ayam ataupun sapi, ada baiknya merebusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan sedikit bahan kimia yang ada di dalamnya. Namun tetap saja masih ada bahan kimiawi yang terkonsumsi oleh tubuh.

Demi menghindari bahan kimia tersebut, mengapa tidak mencoba membuat sosis rumahan dengan resep masakan olahan ayam yang satu ini? Memang sosis tanpa pengawet tidak akan dapat bertahan selama sosis buatan pabrik dan sosis rumahan juga tidak sepraktis membeli sosis di supermarket karena kita harus meluangkan waktu untuk membuatnya. Namun demikian, meluangkan waktu dan tenaga untuk kesehatan kita dan keluarga adalah hal yang penting.

Bahan-bahan:

600 gram daging ayam yang sudah digiling
150 gram es serut
4 sendok makan tepung tapioka
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bawang putih bubuk
1 butir putih telur
Garam sesuai selera
Gula pasir sesuai selera
2 liter air
Casing plastik untuk sosis
Air es secukupnya

Cara membuat:

1.       Campurkan 70 gram es dengan 600 gram ayam giling.
2.       Masukkan keduanya ke dalam blender atau food processor.
3.       Setelah dihaluskan, masukan tepung tapioka, merica bubuk, bawang putih bubuk, telur, garam, gula pasir ke dalam ayam giling dan aduk selama beberapa saat hingga semuanya menjadi rata.
4.       Siapkan kantung plastik segitiga dan masukkan adonan ke dalamnya.
5.       Semprotkan adonan tersebut ke dalam casing sosis hingga tidak bersisa. Ikatlah kedua ujung casing dengan menggunakan benang. Selain itu, ikatkan pula benang pada setiap 10 cm, atau bisa kurang dan lebih sesuai selera. Berhati-hatilah dalam mengisi casing sosis karena takarannya harus pas. Jika terlalu sedikit, maka kantung tidak penuh, namun jika terlalu banyak maka kantung akan pecah.
6.       Kukus atau rebuslah sosis hingga matang.
7.       Masukkan sisa es ke dalam 2 liter air.
8.       Setelah itu, masukkan sosis ke dalam air es yang telah dicampurkan dengan sisa es selama beberapa menit.
9.       Kemudian tiriskan dan lepaskanlah ikatan benangnya.
10.    Sosis sudah siap disantap atau diolah menjadi berbagai macam makanan lain.

~~~~~~~~~~~~~

KLIK 1X UNTUK MEMPERBESAR ARTIKEL RESEPNYA

~~~~~~~~~~~~~

AYAM GULUNG SOSIS

BITTERBALLEN KENTANG SOSIS

ROLADE SOSIS

SOSIS SOLO AYAM PEDAS

SUP SOSIS

Persis kali ini kami update barusan beberapa kreasi resep dan cara membuat sosis yang benar-benar menggoda selera dan sudah pasti dengan sangat mudahnya untuk dipraktekkan sesegera mungkin. Dan kita tidak akan mungkin untuk menolak kelezatan yang satu ini.



6 Resep Kreasi Sosis Kentang, Rolade, Sosis Solo DLL | Ummi Sayang | 4.5