Resep Udang Telur Asin Tanpa MSG, Super Lezat

919 views

Bagi pecinta udang, resep dan cara memasak udang saus telur asin ini sangat susah untuk dilupakan. Setara dengan mantan yang penuh kenangan. Sebab didalamnya begitu banyak kelezatan penuh cinta dan air mata. Ahhh… apaan ini ya? Lanjut lagi fokusnya, karena resep ini tak setara dengan mantan ya. Lebih spesial dari itu, dan tentu saja dibuat dengan sepenuh manfaat buat keluarga tercinta.

Banting sana – banting sini, cari sana- cari sini, akhirnya ketemu juga dengan ide membuat resep yang belakangan ini begitu banyak diminati. Bukan saja bagi pecinta udang sejati, tapi karena dengan manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh, tentu kita bisa mengkreasikannya lebih semangat lagi. Untuk saat ini siapkan pandangan anda dan siapkan diri untuk menemukan resep udang telur asin paling nyumi sejagad maya.

Resep Udang Saus Telur Asin (tanpa msg)

Bahan Yang Digunakan:

Segera bunda siapkan udang segar sebanyak 350 gr
Segera bunda siapkan jeruk nipis sebanyak 1 buah
Segera bunda siapkan ketumbar bubuk secukupnya (beli diwarung kalau mau yang lebih praktis)
Segera bunda siapkan garam secukupnya

Bahan Untuk Saosnya :

Segera bunda siapkan telur asin matang sebanyak 3 butir (gunakan kuningnya aja ya bunda)
Segera bunda siapkan bawang putih yang telah dicincang halus sejumlah 5 siung
Segera bunda siapkan cabai merah keriting sebanyak 5 buah (Lalu bunda iris serong)
Segera bunda siapkan daun bawang yang telah diiris tipis sejumlah 3 Batang
Segera bunda siapkan lada bubuk secukupnya
Segera bunda siapkan gula pasir secukupnya
Segera bunda siapkan air secukupnya

Instruksi Membuat :

  • Yang pertama Bunda bersihkan udangnya dengan cara buang bagian kepala udangnya, setelah itu bunda kupas kulitnya, sisakan bagian ekor, bagian punggungnya bunda kerat. Setelah itu bunda bersihkan kotorannya. Baru kemudian cuci bersih, tiriskan. Kasih perasan jeruk nipis. Bunda diamkan dulu untuk beberapa waktu. Setelah itu baru bunda bilas pakai air bersih. Udang diberi baluran menggunakan ketumbar serta garam secukupnya. Lanjut lagi diamkan beberapa waktu. Sisihkan.
  • Bunda ambil garpu lalu kuning telur asinnya bunda halusin pake garpu tsb. Beri air dikit, setelah itu bunda aduk hingga merata. Sisihkan sejenak.
  • Panaskan minyak. Lalu bahan-bahan ini cabai, daun bawang serta bawang putih bunda tumis hingga layu dan aroma wanginya keluar.
  • Setelah itu baru kemudian bunda tambahkan udangnya. Bunda goreng sesaat hingga warna udangnya udah berubah. Saat menggoreng, kalau minyaknya udah terlalu sedikit, bunda bisa menambahkan lagi minyak gorengnya beberapa tetes.
  • Langkah berikutnya bunda tambahkan kuning telur asin. Masukkan gula pasir & lada dengan takaran sesuai keinginan saja. Bunda tes rasa, apa sudah sesuai yang dikehendaki.
    Kemudian lanjut lagi bunda masak hingga sausnya nampak meletup2. Angkat.
  • Selesai. Hidangkan selagi panas, akan membuat sensasi berbeda saat menyantapnya.

Sering kita melihat resep udang saus telur asin, kebanyakan dan sebagian besar udangnya semua di goreng tepung. Namun dalam kesempatan ini, udangnya tidak digoreng tepung dahulu, hasilnya lebih ringkas dan ternyata menjadikan saosnya sangat terasa sekali. Namun sejatinya, tentu hal ini bisa disesuaikan dengan keinginan Bunda saja. Bisa jadi kita berkeinginan yang berbeda dalam hal ini.