Tips Sukses Membuat Resep Kue Kering Renyah

217421 views

Tiada Lebaran tanpa kue kering. Tapi terkadang, walaupun sudah sering membuat resep kue kering, ada kalanya kita tidak berhasil membuat kue seperti yang diharapkan dan kita tidak mengetahui letak kesalahan dari prosesnya. Sepertinya semua langkah telah dilakukan seperti seharusnya, namun mengapa hasilnya tidak selezat biasanya?

Lihatlah beberapa tips membuat kue kering di bawah ini dan pastikan bahwa Anda mengikuti semuanya sehingga hasil dari kue kering yang dibuat bisa lebih maksimal.

1.Sebelum membuat kue kering, pastikan bahwa semua peralatan dan bahan disiapkan terlebih dahulu. Timbang bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan.

2.Untuk loyang, gunakan yang khusus untuk kue kering, yaitu yang berdinding rendah. Loyang berdinding tinggi adalah loyang kue basah.

3.Untuk membuat kue dengan hasil yang terbaik, maka pastikan bahwa bahan yang dipergunakan adalah bahan yang terbaik. Penggunaan bahan akan amat berpengaruh pada rasa, penampilan dan aroma kue kering. Pilihlan bahan sebaik mungkin dan bukan semurah mungkin.Merenyahkan Kue Kering Yang Mengeras

4.Untuk tepung terigu, pastikan bahwa Anda memilih tepung terigu dengan kadar protein yang rendah. Tepung terigu berprotein rendah akan membuat hasil kue menjadi lebih renyah karena dalam pembuatannya tidak akan membentuk gluten.

5.Tepung berprotein rendah adalah tepung yang sesuai untuk dicampurkan dengan lemak dalam berbagai bentuk seperti mentega dan margarin. Kebanyakan resep kue kering memang mempergunakan tambahan lemak pada pembuatannya.

6.Untuk membuat adonan yang lembut dan mudah untuk tercampur, ayaklah terlebih dahulu berbagai bahan kering seperti soda kue, baking powder, garam, gula halus, tepung terigu, dsb. Dengan begitu, kita bisa menghindari gumpalan berbagai bahan tersebut seperti tepung ketika sedang menikmati hasil kue kering ciptakan kita.

7.Jika pada resep kue kering Anda diminta untuk melakukan pengocokan pada margarin atau mentega yang dicampur dengan gula, maka lakukanlah selama 3 menit saja. Pastikan bahwa pengocokan tidak terlalu lama karena alih-alih mendapatkan hasil yang luar biasa, Anda malah hanya akan mendapatkan lemak yang meleleh dan kue yang melebar ketika sudah dimasukkan ke dalam oven.

8.Jika dalam resep kue kering Anda diminta membuat adonan mentega, maka jangan dimasukkan berbarengan dengan bahan kering. Bagilah tahapan menjadi paling tidak tiga dimana mentega adalah tahapan tersediri dan bahan kering juga dilakukan dengan beberapa tahapan. Aduklah semua bahan tersebut dengan mempergunakan pisau pastry ataupun sendok kayu secara perlahan sehingga hasilnya akan renyah dan tidak keras.

9.Jika mempergunakan banyak tepung terigu, masukkanlah sedikit demi sedikit ke dalam adonan sehingg tercampur dengan lebih sempurna.

10.Pastikan suhu dan waktu memanggang sesuai dengan kebutuhan. Walaupun sudah diatur, Anda tetap harus memeriksa kue sesekali. Karena selain suhu dan waktu, posisi memanggang juga akan berpengaruh pada tingkat kematangan.

Lainnya:

Tips Sukses Membuat Resep Kue Kering Renyah
Resep Pancake Rainbow Warna-Warni
Hindari Kesalahan dalam Membuat Pancake
Resep Kue Kering Kabana Choco

Demikian resep kue kering renyah penggugah selera. Semoga teman-teman menyukainya!