Setelah Tahu Sejuta Khasiat Apel Rebus, Saya Tidak Mau Makan Apel Mentah Lagi! Nyesel Baru Tahu Sekarang..

Apel bukanlah buah yang asing di negara kita, entah itu yang berasal dari impor atau dari petani lokal. Banyak pula varian yang bisa kita temukan dan semuanya bisa dengan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun di swalayan (minimarket). Buah yang tak mengenal musim ini digemari banyak orang. Namun sayangnya, kita tidak pernah tau lebih jauh bahwa ternyata apel memiliki khasiat yang menakjubkan ketika apel yang akan kita makan direbus terlebih dahulu. Simak dibawah ini manfaat apel rebus :

1. Membuat Usus menjadi lebih baik dan lancar

Ketika apel yang dipanaskan saat proses perebusan, kandungan pektin dalam apel akan melunak. Ketika kandungan pektin dalam apel sudah menjadi lebih lunak, otomatis memudahkan organ pencernaan untuk mencernanya lebih maksimal. Kandungan Pektin dalam buah ini berkhasiat memperlancar buang air besar, mencegah infeksi usus serta mampu mengobati diare.

2. Mampu Menurunkan gula & lemak darah

Mengkonsumi buah apel yg sudah direbus ternyata berkhasiat menurunkan gula dan lemak darah, selain itu juga  meningkatkan antioksidan tubuh supaya lebih terlindungi dari serangan patogen berbahaya (semisal bakteri atau kuman lainnya). Apel yang sudah direbus ternyata juga ampuh menurunkan kadar kolesterol!

3. Mampu mencegah panas dalam

Ketika anda rutin makan buah apel yang sudah dimasak, anda akan terbebas dari serangan panas dalam selayaknya sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak dsb.

Diatas adalah beberap manfaat mengkonsumsi buah apel yang sudah direbus. Selanjutnya kami akan memaparkan bagaimana langkah yang tepat merebus apelnya. Lihat stepnya dibawah:

Langkah pertama yaitu potong buah apel menjadi 6-8 bagian, taro kedalam panci, lalu beri air secukupnya, setelah itu rebus. Angkat buah apelnya ketika air sudah nampak mendidih ya.masukan ke dalam panci berisi air, kemudian rebus bersamaan dengan air. Bila airnya sudah mendidih, angkat apelnya. Apel siap dikonsumsi.

Sebaiknya makanlah buah apel yang sudah direbus ini 1 hari sekali, dan rasakan efek- efek ajaibnya!

Apel yang direbus juga cocok sekali untuk beberapa kelompok orang berkebutuhan khusus seperti: orang- orang yang hanya bisa terbaring di ranjang, orang yang lambung dan ususnya tidak bekerja dengan baik, orang yang tidak bisa mengunyah, dll.

Kapan sebaiknya mengkonsumsi apel?

Apel sebenarnya paling baik dikonsumsi di pagi hari, mengapa? Apel mengandung banyak gula,cocok sekali dikonsumsi saat lapar di pagi hari. Pagi hari juga merupakan saat- saat lambung manusia bekerja keras, gula baik dalam apel pun akan mudah diserap langsung oleh tubuh. Makan buah apel ketika perut kosong bisa membantu kerja pencernaan serta meningkatkan energi tubuh.

Mengkonsumsi buah apel sebelum makan makanan berat juga sangat bagus bagi anda yang sedang diet, sebab mengkonsumsi apel bisa memberi rasa kenyang.

Gimana BUNDA semuanya? Ternyata apel bukan saja baik dikonsumsi dalam kondisi segar saat mentah tapi khasiatnya juga sangat banyak ketika sudah direbus.

KONKLUSI : Mana yang lebih baik? Makan apel segar mentah atau yang sudah direbus? Sejatinya, kedua hal itu baik, tergantung mau mengambil manfaat yang seperti apa dari buah ini. Karena apel segar / yg tidak direbus, khasiatnya juga sangat banyak. Yang buruk itu adalah beli apel lalu pura-pura lupa bayar 😀

Tomat! Lebih Baik Dikonsumsi Mentah Atau Dimasak?

Siapa yang tidak mengenal Si merah yang satu ini. Hampir disetiap masakan kita menjumpai buah yang sangat populer ini. Tomat sangat kaya dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Gejala sariawan biasanya langsung kabur jika kita rajin mengkonsumsi tomat mentah (tanpa dimasak).

Buah yang satu ini banyak mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, karbohidrat, protein, dan kalsium. Di samping itu, tomat juga mengandung likopen –yang memberikan warna merah pada tomat.

Likopen pada tomat sangat bermanfaat bagi tubuh, karena berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari kanker. Satu potong tomat mengandung sebanyak 515 mikrogram likopen.

Banyak mungkin dari kita yang bertanya-tanya, tomat lebih bagus dikonsumsi secara langsung atau dimasak terlebih dahulu? Untuk menjawab hal ini kami kutip sebuah artikel dari klikdokter.com. Sebenarnya ketika anda memakan buah tomat secara langsung, ada benefit yang anda peroleh yaitu sebagai sumber vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh. Begitupun ketika anda memakan buah tomat yang sudah dimasak, ada benefit yang bisa anda peroleh yaitu diantaranya sebagai antioksidan dan antikanker. Menurut jurnal Agriculture and Food Chemistry, tomat lebih baik bila dimasak terlebih dahulu. Sebab, tomat yang dimasak dalam waktu 15 menit dapat meningkatkan 171% kadar likopen.

Karena saat dimasak, kadar air dalam tomat akan berkurang. Dengan demikian, konsentrasi likopen akan semakin banyak dan semakin mudah diserap oleh tubuh. Sayangnya ada sisi buruknya. Kandungan vitamin C dalam tomat akan berkurang sebanyak 15% bila dimasak dalam waktu 15 menit,.

Sehingga, sebaiknya yang anda pertimbangkan adalah kebutuhan apa yang anda rasa pantas untuk didahulukan. Jika ingin mendapatkan vitamin C nya, tentu tomat bisa anda makan langsung, namun jika ingin menambah kadar antioksidan sebagai zat melawan kanker, tentu anda bisa memasaknya lebih dahulu. Dengan terpenuhinya vitamin C dalam diri anda, tentu hal ini berefek pada meningkatnya daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

So, ketika anda memilih, yang anda prioritaskan adalah kebutuhan tubuh anda lebih cenderung yang mana? Atau anda bisa mengambil jalan tengahnya, misal ketika siang hari anda mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak dan sore harinya anda bisa mengkonsumsi tomat mentah. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus.

Cara yang Benar Makan Strawberries

Buah stroberi yang memiliki rasa asam segar ini memang banyak penggemarnya. Namun ternyata sebagian diantara kita banyak melakukan kesalahan dalam mengkonsumsi buah yang satu ini. Sebuah studi tahun 2011 di Brazil mengungkap fakta bahwa buah strawberry yang dimakan secara utuh tanpa dibelah atau dipotong-potong ternyata mengandung 8 %– 12% vitamin C lebih banyak dibandingkan buah stroberi yang sudah dipotong².

Hal ini terjadi karena vitamin C lebih cepat terpecah saat terpapar oleh cahaya dan oksigen. Untuk meningkatkan kandungan vitamin C, coba simpan stroberi di lemari es. Udara dingin juga membantu mempertahankan vitamin C.

Jadi mulai sekarang, jika ingin mengkonsumsi buah yang satu ini sebaiknya dimakan langsung saat utuh. Jangan dipotong-potong lagi.

Kesalahan Anda : Memotong sebelum makan

Cara yang benar : Makan Sepenuhnya

sumber referensi : klikdokterdotcom

Wortel, Sebaiknya Dimakan Mentah atau Dimasak?

Wortel sebaiknya disantap bila sudah dimasak. Menurut penelitian di Arkansas, AS, wortel yang sudah dimasak mengandung antioksidan 34% lebih banyak dibandingkan dengan wortel mentah. Selain itu, kandungan falkarinol, komponen dengan bahan antikanker menjadi lebih meningkat.

Hal ini seperti dijelaskan pada penelitian di UK’s Newcastle University, karena wortel yang sudah dimasak, komposisinya berubah. Wortel yang sudah dimasak akan kehilangan kemampuannya dalam menahan air. Akibatnya, konsentrasi falkarinol meningkat.

Beberapa ahli menyarankan, sebaiknya wortel dimasak dalam keadaan utuh. Cara seperti ini akan membuat kandungan falkarinolnya 25 persen lebih banyak.

Kubis, Sebaiknya Dimasak Atau Dimakan Mentah?

Untuk sayuran yang satu ini khasiat yang anda dapatkan tidak ada bedanya ketika dimakan mentah atau dimasak (dengan catatan dimasaknya tidak terlalu lama, hanya sebentar saja). Sebuah Studi mengungkap bahwa wanita yg makan sedikitnya dalam 1 minggu 4 porsi kubis (kol mentah) atau yg dimasak sebentar, 72% lebih rendah terkena kanker payudara jika dibanding mereka yg hanya makan kubis 1 atau 2 porsi saja dalam seminggunya. Konsumsi kol selama dewasa juga memberi efek perlindungan.

Supaya merasakan khasiat yang lebih tinggi lagi, gunakanlah kubis ungu daripada kol yang berwarna putih. Kol / kubis ungu diketahui mengandung antioksidan 6X lebih banyak jika dibandingkan kubis putih kehijauan.

Brokoli, Bagusnya Dimakan Mentah atau Dimasak?

Khasiat yang luar biasa akan dirasakan ketika terbiasa mengkonsumsi brokoli mentah. Jika ingin dimasak sebaiknya di kukus saja sangat sebentar. Menurut beberapa hasil penelitian mengungkap bahwa kandungan sulforafane dalam brokoli sangat berperan sebagai zat anti kanker.

Namun perlu diperhatikan, jika brokoli dimasak terlalu panas (terlalu lama) akan membuat zat sulforafane akan berkurang atau bahkan hilang. Panas yang berlebihan akan merusak enzim dlm brokoli yang disebut mirosinase.

Jagung, Lebih Baik Dimakan Mentah atau Dimasak?

Untuk jagung sendiri sebaiknya konsumsi setelah proses dimasak, dan sebaiknya dengan durasi yg agak lama. Sebuah studi mengungkap bahwa semakin lama jagung dimasak, semakin banyak kandungan antioksidannya. Dari 22 persen meningkat setelah 10 menit dipanaskan, dan hingga lebih dari dua kali lipatnya setelah 50 menit pemasakan.

Proses memasak ini akan melepaskan antioksidan spesifik dan sulit dijumpai, yaitu asam ferulik yang membantu melawan kanker. Sejumlah peneliti juga menemukan peningkatan hingga 900 persen setelah dimasak lebih dari 50 menit.

Ayo Bunda, mari bagikan / SHARE info penting ini kepada sahabat yang lainnya!